Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tomi Nurhidayat

Sharing Belajar Coding Otodidak, Bisa!

Teknologi | Thursday, 02 Nov 2023, 03:11 WIB

Sejak 2018, tepatnya ketika masih duduk di bangku SMA, untuk pertama kalinya saya bersentuhan secara langsung dengan blog. Awal-awal ngulik blog menggunakan Blogger.com yaitu salah satu produk Google di mana kita bisa menayangkan tulisan secara online gratis di subdomain blogspot.com.

Dalam waktu kurang lebih setahun, saya belajar banyak tentang HTML, CSS dan JavaScript yang merupakan bagian dasar dari sebuah website. Dari sinilah awal mula saya tertarik belajar coding secara otodidak menggunakan berbagai sumber di internet, mulai dari artikel web, youtube dan beberapa kelas online gratisan.

freepik" />
sumber gambar : freepik

Namun sayang, setelah masuk bangku kuliah, rutinitas belajar coding khususnya untuk web mulai berkurang karena di jurusan kuliah hampir tidak terpakai sama sekali. Tentu saja, jurusan Fisika Murni tidak ada mata kuliah pemrograman web, hehe.

Tapi, alih-alih berhenti belajar coding, justru saya malah belajar bahasa pemrograman baru karena di semester awal terdapat mata kuliah wajib pemrograman 1 yang mana seluruh mahasiswa belajar bahasa C++.

Lagi-lagi, bahasa pemrograman C++ yang dipelajari justru tidak terimplementasikan di prodi tempat saya kuliah. Tetapi, konsep dasar logika yang diperolehlah yang justru diambil untuk diterapkan di bahasa pemrogrman baru (Python) yang digunakan dalam Fisika Komputasi.

Bahkan lebih jauh lagi, Bahasa Python menjadi penolong saya dalam menyelesaikan Tugas Akhir sebagai syarat lulus kuliah hingga menjadi penunjang karir profesional saat ini.

Dari proses tersebut, masih terdapat beberapa bahasa lain yang sebenarnya saya pelajari sebagai penunjang namun tidak saya sebutkan satu persatu. Tetapi intinya, belajar coding secara otodidak itu sangat bisa dilakukan selagi punya keinginan yang kuat, karena saat ini sumber belajar sudah lebih dari cukup bahkan mudah diakses.

Dari cerita saya di atas, pada akhirnya sejak 2 bulan ke belakang dari artikel ini saya tulis, saya mencoba untuk mendokumentasikan catatan belajar otodidak saya dalam sebuah blog bernama Tomipedia. Tujuannya tidak lain agar bisa lebih bermanfaat untuk orang lain yang juga ingin belajar coding secara otodidak.

Penulis : Tomi Nurhidayat

Catatan Belajar Saya : www.tomipedia.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image