Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salma K

Studi Banding Jurnalistik Muda: Antara Holmes dan Besek'31

Sekolah | Tuesday, 31 Oct 2023, 19:24 WIB

Pada tanggal 28 Oktober 2023 organisasi jurnalistik dari SMA Labschool UPI Cibiru, Holmes mengadakan studi banding dengan organisasi jurnalistik dari SMA Kartika XIX-1 Bandung, BESEK'31. Studi banding ini dilaksanakan di SMA Kartika XIX-1 yang bertepatan di Jl. Taman Pramuka No.163, Bandung. Studi banding ini merupakan rangkaian hari ketiga dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang dipersiapkan untuk anggota muda Holmes jurnalis.

FOTO BERSAMA ANTAR HOLMES DAN BESEK'31

Rundown acara ini berfokus pada "Focus Group Discussion" dimana kedua organisasi akan saling bertukar ide dimulai dari struktur organisasi masing-masing sampai acara tanya jawab. Dimulai dari pengenalan jurnalistik secara dasar, dan dilanjut dengan uraian struktur organisasi dari BESEK'31.

BESEK'31 ini sendiri merupakan singkatan dari Bengkel Seni Kartika 31. Organisasi ini fokus dengan tema kesenian, bahkan nama dari generasi BESEK'31 sekarang ini "Melodi", yang juga memiliki makna didalamnya yaitu urutan yang berirama dan merupakan satu kesatuan. Divisi BESEK'31 ini memang unik karena mereka berfokus pada kesenian sehingga divisi mereka terdiri dari Seni, Musik, Broadcast, dan Foto video. Berikut contoh sederhana dari rangkaian divisi tersebut:

-Divisi seni yang berfokus pada seni yang termasuk seni lukis maupun seni digital dan sebagainya.

-Divisi musik yang berfokus pada musik, seperti cover song.

-Divisi broadcast yang menjalankan tugasnya untuk menyiarkan informasi lewat radio ataupun alat transmisi elektronik lainnya.

-Dan yang terakhir, divisi foto video yang jelas fokus pada perekaman maupun pemotretan yang nantinya akan disunting dan disiarkan.

Setelah itu dilanjut untuk menguraikan bagian dari divisi di holmes jurnalis, yaitu meliputi:

-Divisi layouter yang berspesialisasi untuk menata feed atau yang disebut layout untuk akun instagram official dari holmes jurnalis

-Divisi broadcast, sama seperti sebelumnya yaitu divisi yang menjalankan tugasnya untuk menyiarkan informasi lewat radio ataupun alat transmisi elektronik lainnya.

-Divisi HUMAS yang merupakan singkatan dari hubungan manusia, tugasnya itu untuk menjalani dan memimpin bagian relasi dengan antar sesama manusia

-Divisi LITBANG yang merupakan singkatan dari penelitian dan pengembangan, divisi ini memiliki tugas untuk menganalisa aktivitas yang berkaitan tentang masa pengembangan bagi holmes jurnalis

-Divisi editor, sesuai namanya divisi ini fokus untuk menyunting atau nama lainnya editing untuk media yang akan dipublikasikan

-Dan yang terakhir, divisi foto video yang jelas fokus pada perekaman maupun pemotretan yang nantinya akan disunting dan disiarkan oleh divisi editor.

Dalam pelaksanaanya juga disediakan banyak minigames yang tentunya menghibur dan mengundang tawa. Dari acara studi banding ini, siswa siswi jurnalis muda holmes jurnalis tentunya bisa menggali banyak informasi dan pengetahuan penting. Pengalaman ini tentunya berharga dan diharapkan juga untuk bisa memperluas relasi dan koneksi antar organisasi jurnalistik muda di Bandung, Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image