Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muammar Khadafi

Refleksi Hari Sumpah Pemuda: PCPM Kemang Adakan Kajian tokoh Kasman Singodimejo Sang Islamis dan Nas

Info Terkini | Saturday, 28 Oct 2023, 10:53 WIB

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kemang Bogor menggelar sebuah kajian bertajuk "Meneropong Nilai Perjuangan Kasman Singodimejo Sang Mister Islamis dan Nasionalis" pada hari Jumat, 27 Oktober 2023. Kajian ini merupakan bagian dari perayaan Hari Sumpah Pemuda yang merupakan momen bersejarah dalam perjuangan pemuda Indonesia.

Pemikiran tokoh Kasman Singodimejo, seorang figur yang dikenal sebagai kombinasi antara Islamis dan Nasionalis, menjadi pusat perhatian dalam kajian ini. Tokoh ini dikenal sebagai pemikir yang aktif terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan memiliki kontribusi penting dalam pembentukan negara.

Kajian ini diadakan di Kemang, Bogor mulai pukul 20.00 hingga 23.59. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk para pemuda, aktivis, serta tokoh masyarakat yang tertarik untuk lebih mendalami pemikiran Kasman Singodimejo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk perwakilan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Gerakan Pemuda Ansor Kemang. Hal ini mencerminkan semangat kolaborasi antara berbagai organisasi pemuda untuk mendalami pemikiran tokoh Kasman Singodimejo dan merayakan semangat perjuangan pemuda Indonesia.

Muhammad Lutfi, seorang pegiat sejarah yang menjadi pemantik kajian, membahas sejarah perjuangan tokoh ini, terutama dalam konteks perjuangan nasionalisme dan Islamisme di masa lalu. Ia menggali sejarah peran tokoh ini dalam merumuskan pandangan Islam yang inklusif sekaligus mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sekretaris Umum PCPM Kemang, Restu Kurniawan Wibawa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kajian ini menjadi bentuk penghargaan kepada para pemuda yang telah berjuang pada masa lalu. "Kajian ini tidak hanya menjadi sebuah peringatan atas sejarah perjuangan kita, tetapi juga sebagai inspirasi bagi pemuda saat ini untuk terus menggali pemikiran-pemikiran besar yang dapat membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Kajian ini memberikan wawasan mendalam mengenai pemikiran tokoh Kasman Singodimejo, yang dianggap sebagai salah satu pionir yang memadukan nilai-nilai Islam dengan semangat nasionalisme. Semangat kajian ini diharapkan akan mendorong generasi muda untuk terus berkontribusi dalam membangun bangsa yang lebih besar dan bersatu.

Perayaan Hari Sumpah Pemuda tahun ini melalui kajian pemikiran Kasman Singodimejo di Pemuda Muhammadiyah Kemang Bogor menjadi contoh bahwa sejarah dan pemikiran para tokoh perjuangan kemerdekaan tetap relevan dan harus dijaga serta dikaji oleh generasi muda masa kini.

Reporter: Muammar Khadafi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image