Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Simsalabim, Kuasai Bahasa Inggris Sambil Rebahan

Gaya Hidup | Friday, 27 Oct 2023, 12:37 WIB
Belajar Bahasa Inggris sambil rebahan (Sumber: Freepik.com)

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang paling umum digunakan dalam komunikasi Internasional, baik dalam bisnis, hiburan, teknologi, dan publikasi ilmiah. Namun faktanya, belajar Bahasa Inggris tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan lancar berbahasa Inggris. Bahkan untuk Sebagian orang, Bahasa Inggris adalah sesuatu yang menakutkan, sehingga mereka akan selalu menghindar bila diajak melakukan komunikasi dengan Bahasa Inggris.

Hal ini sungguh sangat disayangkan, mengingat betapa pentingnya penguasaan bahasa Inggris di era Global saat ini. Padahal, belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan menyenangkan, bahkan sambil rebahan. “Kok Bisa?” Pasti pertanyaan itu yang terbersit dipikiran Anda saat ini. Tapi apa yang saya tuliskan barusan memang benar adanya.

Menurut beberapa penelitian, menonton film yang menggunakan bahasa Inggris adalah salah satu metode efektif untuk menguasai komunikasi dengan Bahasa Inggris. Itu berarti, Anda dapat belajar bahasa Inggris sambil rebahan dan menonton film berbahasa Inggris. Sangat menarik bukan?

Lalu mengapa belajar bahasa Inggris dengan metode menonton film dapat menjadi alat pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif? Berikut penjelasan yang dapat penulis informasikan, let’s check it out:

1. Pengenalan pada Aksen, Intonasi dan Frasa

Salah satu keuntungan utama menonton film dalam bahasa Inggris adalah Anda dapat mendengar beragam aksen, intonasi dan frasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari, yang mungkin tidak diajarkan dalam buku teks tradisional. Ini dapat meningkatkan pemahaman tentang penggunaan bahasa secara nyata di dalam kehidupan sehari-hari.

2. Media Visual

Film merupakan media visual, di mana Anda dapat mengandalkan konteks visual untuk membantu memahami percakapan dan cerita. Mungkin di saat Anda menonton film, akan ada beberapa kata yang Anda tidak tahu artinya, namun dengan melihat gambar, gerakan atau ekspresi wajah pemain film, Anda dapat menerka makna dari kalimat tersebut. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda dalam pemahaman kosakata dan frasa.

3. Keterlibatan Emosional

Seringkali di saat menonton film, Anda dapat merasakan emosi dari setiap pemeran dan alur cerita yang disajikan. Hal ini sangat bagus untuk membuat Anda lebih fokus. Berbeda dengan pembelajaran konvensional yang cenderung membosankan dan akhirnya membuat Anda tidak fokus. Selain itu, keinginan untuk mengetahui plot dan dialog akan membuat Anda merasa termotivasi untuk memahami bahasa yang digunakan.

Setelah mengetahui mengenai salah satu metode belajar Bahasa Inggris dengan menonton film berbahasa Inggris beserta manfaatnya, muncul pertanyaan baru tentang bagaimana cara memaksimalkan manfaat dari metode ini. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Siap? Ready. Go:

1. Gunakan terjemahan dialog atau Subtitle

Jika Anda pemula atau merasa kesulitan memahami percakapan Bahasa Inggris dalam film, Anda dapat memulai dengan subtitle dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu Anda mengikuti cerita dengan lebih baik dan memahami percakapan. Setelah Anda sudah merasa kemampuan Anda meningkat, Anda dapat mencoba menonton film tanpa subtitle. Challenge Yourself, Bro!

2. Aktif Berpartisipasi

Jangan hanya menonton secara pasif. Coba ikuti percakapan dengan mengulanginya atau mencoba menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris yang muncul dalam film. Salah satu cara yang biasa penulis lakukan adalah melafalkan beberapa script film di depan cermin kamar. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam berbicara Bahasa Inggris. Namun perlu diingat untuk mengunci pintu kamar di saat melakukannya, agar penghuni rumah Anda tidak berfikir Anda mulai stress.

3. Catat Frasa dan Kosakata Baru

Selama menonton, catat frasa atau kosakata baru yang tidak Anda ketahui artinya. Setelah menonton, buatlah daftar kata-kata ini dan pelajari maknanya. Hal ini sangat berguna untuk menambah kosakata yang Anda miliki. Salah satu alasan dari kebanyakan orang takut berbahasa Inggris adalah kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki. Dengan melakukan ini, Anda sudah selangkah lebih baik dari yang lain.

4. Diskusikan dengan Teman atau Mentor

Setelah menonton film, cobalah untuk berdiskusi dengan teman atau mentor Anda tentang apa yang telah Anda saksikan. Tentu saja penyampaian yang Anda lakukan juga menggunakan Bahasa Inggris. Hal Ini akan membantu Anda mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Sudah saatnya untuk Anda melawan rasa takut berbahasa Inggris. Banyak metode menyenangkan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, salah satunya dengan metode yang telah dijelaskan di dalam artikel ini, yaitu dengan menonton film yang menggunakan Bahasa Inggris. Tentu tidak hanya itu metode yang dapat digunakan. Bisa juga dengan metode mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau bahkan bermain game dengan bahasa Inggris.

Semua metode dapat disesuaikan dengan kenyamanan Anda. Buatlah belajar Bahasa Inggris semenyenangkan mungkin untuk Anda dan percayalah, kegagalan merupakan proses menuju keberhasilan, justru Anda tidak tahu akan berhasil atau tidak bila tidak berproses. Kalau kata Dory dalam Film Finding Nemo, “Just Keep Swimming, Just Keep Swimming, Just Keep Swimming”, namun bisa Kita rubah sedikit menjadi, “Just Keep Growing, Just Keep Growing, Just Keep Growing”. Semangat berkembang!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image