Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rabiatul adawiyah

Penyebaran Gas Elpiji Non-Subsidi

Ekonomi Syariah | Friday, 27 Oct 2023, 09:29 WIB

Gas elpiji atau yang dikenal dengan kepanjangan sebagai Liquefied Petroleum Gas ( LPG ) , telah menjadi sebagian besar sumber energi dalam kehidupan sehari-hari bahkan di seluruh negara di dunia ini. Sementara itu, pemerintah telah mengoperasikan suatu program subsidi berupa Elpiji khususnya untuk masyarakat kurang mampu. Serta,ada juga sebagian distribusi gas elpiji non subsidi yang bertujuan dalam hal memainkan peran dalam pasar energi global

Kemudian menurut pendapat saya sendiri didalam penyebaran gas elpiji non subsidi ini sendiri terdapat beberapa tantangan penyebaran gas Elpiji non subsidi.salah satunya ialah harga biaya yang lebih tinggi , artinya tingkat harga pada penyebaran gas elpiji non subsidi ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan gas elpiji subsidi yang dibiayai oleh pemerintah. Hal ini dapat memberikan beban perekonomian tambahan bagi konsumen yang harus membayar harga penuh dari harga sebelumnya

Yang kedua aksesnya terbatas. jadi, pada penyebaran gas elpiji non subsidi ini hanya terbatas pada wilayah perkotaan maupun daerah yang lebih makmur dan memadai akses yang mampu. Yang ketiga dapat ketergantungan pada pasar global. Artinya pasokan gas elpiji ini terkadang sangat bergantung pada harga serta ketersediaan di pasar global. Salah satunya perubahan harga dan ketersediaan di pasar modal tersebut.

Sebagai contoh ini yang pernah saya alami di daerah saya sendiri ketika memasuki bulan puasa ramadhan terkadang saya melihat waktu bulan puasa itu seringkali terjadi kekurangan ketersediaan gas elpiji serta melambungnya kenaikan harga dari mulai standar menjadi harga yang tidak standar. Hal itulah yang terkadang membuat masyarakat yang menggunakan gas elpiji harus mengantri untuk mendapatkan 1 tabung gas Elpiji dikarenakan ketersediaan stok terbatas dan juga melambungnya kenaikan tingkat harga menjadi 2 kali lipat dari harga sebelumnya. jadi, disini pemerintah harus ikut berpartisipasi serta berperan aktif sepenuhnya dalam menanggulangi permasalahan terhadap gas elpiji non subsidi ini.

Kesimpulannya, jadi perlu kita ketahui bahwa penyebaran gas elpiji non subsidi ini banyak sekali merugikan masyarakat dan juga cenderung mempengaruhi perekonomian masyarakat.

Lantas bagaimana tanggapan ataupun peran pemerintah dalam hal ini? untuk langkah selanjutnya pemerintah harus mengambil kebijakan ataupun keputusan yang tepat mengenai permasalahan penyebaran gas elpiji non subsidi ini agar segera dapat teratasi secepatnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image