Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andre Putra Nugroho

Pagelaran Wayang di Museum Wayang

Lainnnya | Sunday, 22 Oct 2023, 02:28 WIB
Sumber: Foto Pribadi

Pagelaran wayang merupakan salah satu jenis pertunjukan yang diselenggarakan pada musim tertentu atau acara yang telah ditentukan. Wayang memiliki banyak jenisnya yang dapat dipentaskan kepada khalayak umum. Namun, terdapat kemungkinan hanya beberapa yang masih dan bisa ditayangkan.

Pada Ahad, 24 September 2023 bertepatan di Museum Wayang, Jakarta Utara – terdapat pagelaran wayang kulit purwa bergaya Surakarta dengan lakon “Gatotkaca Wisuda” yang dibawakan oleh dalang Ki Kasmin G. Biasanya, pagelaran wayang akan diadakan setiap minggu sekali di museum, pagelaran pada tahun ini akan jadi terakhir dikarenakan adanya renovasi museum, dilanjukan pada tahun depan. Acara ini menampilkan pertunjukan wayang selama 2 jam yang menceritakan tokoh Mahabarata, yaitu Gatotkaca.

Pada pagelaran ini, menceritakan pelantikan Gatotkaca menjadi raja Pringgandani selaku putra Arimbi dan Bima setelah dewasa. Hal ini pada awalnya sudah disetujui oleh 5 adik Arimbi, namun atas dasar hasutan Sengkuni membuat salah satu adik Arimbi berontak untuk merebut kekuasaan dari tangan Gatotkaca yang bernama Brajadenta. Akan tetapi, usaha Brajadenta gagal usai bertarung sengit dengan Brajamusti yang merupakan saudaranya. Dalam pertarungan tersebut Brajadenta dan Brajamusti yang dibantu oleh Gatotkaca, kedua kakak beradik tewas dan rohnya masuk ke dalam kedua tangan Gatotkaca, sehingga menambah kesaktiannya.

Dengan adanya pagelaran ini, dapat mempelajari pertunjukan wayang yang sangat luar biasa. Museum Wayang selalu menampilkan pagelaran wayang, agar masyarakat mengetahui tentang wayang. Denga ini, budaya dan kesenian Indonesia akan terus dipelajari dan dinikmati oleh masyarakat. Kita sebagai penerus bangsa harus terus mempertahankan dengan cara mempelajari dan merawat budaya ini agar tidak hilang dan dicuri oleh negara lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image