Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mohammad Khairul Akmalil Qirom Akmal

Peran Pendidik dalam Mengedukasi Calon Pemilih 2024

Eduaksi | Saturday, 21 Oct 2023, 13:17 WIB

Pesta demokrasi tinggal menghitung beberapa hari lagi. Sebagai calon pemilih yang akan menentukan lima tahun ke depan, tentunya kita harus mempersiapkan matang-matang dalam memilih calon pemimpin pada pemilihan tahun 2024. Pendidik turut berkontribusi dalam menyongsong keberhasilan pemilihan tahun 2024. Dengan peran pendidik diharapkan bisa mengurangi angka pemilih golput sebagai bentuk ketidakikutsertaan dalam menyuarakan pilihannya.

Beberapa hal yang harus disampaikan pendidik kepada calon pemilih 2024 supaya tidak bingung dalam menentukan suaranya kepada calon pemimpin

1. Mengetahui Biografi

Mengetahui latar belakang calon pemimpin bisa menjadi salah satu hal mudah dalam menentukan pilihan bagi pemilih pemula. Sebab, banyak sekali informasi yang dapat kita gali dari latar belakang pemimpin serta bagaimana cara pandang pemimpin dalam mengatasi masalahnya di kehidupan sehari-hari. Informasi latar belakang calon pemimpin dapat kita peroleh dari google, buku-buku, majalah, dan berbagai media baik yang luring maupun daring.

2. Visi Misi

Seperti halnya visi misi ketua OSIS, maka presiden juga memiliki visi misi dalam menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan. Visi misi calon presiden biasanya sering diungkapkan oleh calon pemimpin saat berkampanye serta dapat kita peroleh dalam pos-pos pemilu sebelum kita menentukan pilihan. Seberapa pentingnya mengetahui visi misi calon pemimpin dapat memudahkan kita dalam menentukan pilihan kita sebagai calon pemilih. Dengan visi misi calon pemimpin kita dapat tahu bagaiman cara pemimpin akan menjalankan roda pemerintahannya lima tahun ke depan.

3. Menyuarakan Untuk Tidak Golput

Golput adalah tindakan yang secara sengaja tidak menyuarakan pilihannya dalam pemilu. Perilaku ini harusnya dihindari, sebab kita kehilangan hak sebagai warga negara Indonesia yakni menyuarakan pendapat kita dalam memilih pemimpin bangsa. Sebagai pendidik, mengedukasi calon pemilih baru supaya tidak melakukan golput salah satu upaya kontribusi dalam mensukseskan pesta demokrasi 2024. Edukasi tersebut bisa kita lakukan jauh-jauh hari sebelum keberlangsungan pemilu 2024, serta perlunya seminar-seminar maupun sosialisasi bagi calon pemilih 2024.

Itulah hal-hal yang perlu disampaikan pendidik kepada calon pemilih. Dimana calon pemilih tahun 2024 di dominasi oleh kalangan muda, dimulai dari generasi milenial sampai generasi z yang baru saja merasakan pesta demokrasi untuk pertama kalinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image