Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MUCHAMMAD AFFARY MAULIDAN AKBAR

Koperasi Adalah Bentuk Implementasi Sistem Ekonomi Islam Selain Bank Syariah

Ekonomi Syariah | Thursday, 19 Oct 2023, 13:27 WIB

Koperasi merupakan upaya untuk mengumpulkan kekuatan si kecil yang terserak agar bisa menantang si besar untuk mencapai tujuan ekonominya Koperasi sebagai politik ekonomi si kecil inilah yang mengilhami tumbuhnya perkumpulan koperasi di negara negara Eropa dan Amerika, Namun sebenarnya tercatat juga koperasi yang muncul dari kelompok yang mengimani adanya suatu nilai non-ekonomi yang lebih tinggi daripada nilai ekonomi.

Tujuan mereka lebih ditekankan kepada tujuan non ekonomi itu Tipe ini biasanya muncul mengikuti adanya proses industrialisasi yang diikuti dengan perubahan dalam sistem nilai yang terkandung di dalam proses industrialisasi itu Sistem nilai yang membonceng industrialisasi itu dianggap "sekuler yang oleh karenanya harus diimbangi dengan sistem lain. Hudiyanto (2003)

Dalam semangat inilah kiranya Hatts (1984) dalam Hudiyanto (2003), memberi catatan tentang koperasi Indonesia

Koperasi yang dikehendaki oleh undang undang dasar kna adalah koperasi sebagai dasar perekonomian, Saya ulangi lagi, sebagai dasar Bukan koperasi yang dibangun hanya sebagai koreksi terhadap kapitalisme yang diterima sebagai dasar perekonomian negeri, seperti yang didapati di dunia Barat Koperasi di sana tujuannya untuk memperoleh pembagian yang lebih adil di dalam perekonomian kapitalisme dan untuk mencapai produksi dan perolehan yang lebih rasional. (Hatta, 1984)

Dari kutipan tersebut jelas bahwa koperasi yang dikembangkan dan dimaksudkan di negara negara Barat sejak kelahirannya berbeda dengan koperasi yang dimaksudkan di Indonesia. Di negara negara Barat koperasi dimaksudkan sekedar sebagai cara untuk meminimalisasi dampak buruk dari bekerjanya sistem ekonomi kapitalis Sedangkan di Indonesia lebih dari itu, koperasi dijadikan sebagai alternatif sistem (dasar perekonomian) untuk mengatur perekonomian. Yang akan dikembangkan bukan hanya lembaga lembaga bisnis koperasi, melainkan lebih dari itu adalah pengaturan ekonomi nasional yang mendasarkan din pada prinsip prinsip koperasi yaitu kerjasama Semua itu tentu karena adanya keyakinan bahwa tujuan manusia dalam hidupnya tidaklah pemenuhan kebutuhan materi semata

Koperasi sebagai gerakan ekonomi, lahir dan tumbuh dari suatu masyarakat yang tidak didasari oleh pemikiran dan etika islam, itu jelas dan tidak perlu diperdebatkan lagi. Sejarah koperasi berkembang di eropa barat dengan semangat konflik, antara buruh atau petani dengan majikannya. Namun memahami dan menjalankan ide koperasi tidaklah perlu apriori Apalagi sebagaimana dikemukakan oleh Herman Soewardi (1995) koperasi Indonesia berbeda dengan koperasi Eropa. Koperasi Indonesia mempunyai falsafah atau landasan moral yang distinct yakni kooperatisme yang merupakan alternatif dan kapitalisme.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image