Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Semangka, Buah yang Bagus untuk Kesehatan Mata

Gaya Hidup | Tuesday, 17 Oct 2023, 07:49 WIB
Semangka, buah yang bagus untuk mata. Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas via republika.co.id

Selain sayuran, kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan.

Kandungan antioksidan serta vitamin yang ada dalam buah-buahan memiliki peran penting bagi kesehatan mata.

Salah satu buah yang bagus untuk kesehatan mata yaitu semangka. Buah yang di Barat disebut water melon ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan mata kita.

Ditilik dari kandungannya, semangka ternyata mengandung lebih banyak likopen dibandingkan buah atau sayuran segar lainnya. Likopen ini adalah antioksidan yang terkait dengan penurunan risiko kanker, penurunan penyakit jantung, dan penurunann gangguan mata akibat faktor usia.

Satu cangkir semangka mengandung setidaknya zat/nutrisi sebagai berikut.

46 kalori.

12 gram karbohidrat.

865 unit internasional (IU) vitamin A - (setara dengan 0,26 miligram).

12 miligram vitamin C.

170 miligram kalium.

0,1 miligram vitamin B6.

Semangka sama sekali tidak mengandung lemak, kolesterol, atau natrium.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam semangka tentu saja sangat bagus bagi kesehatan kita. Vitamin A bagus untuk kesehatan kulit dan mata. Sementara itu, vitamin B6 membantu tubuh kita memecah protein yang kita makan dan juga penting untuk sistem kekebalan tubuh serta fungsi saraf. Adapun vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.

Mengutip laman kmu.id, beberapa manfaat semangka sebagai buah yang baik untuk mata yaitu sebagai berikut.

1] Menjaga mata tetap terhidrasi

Terhidrasi artinya mendapatkan cairan yang memadai.Tanpa hidrasi yang cukup, mata kita dapat menjadi kering, gatal, dan iritasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom mata kering, yang menyebabkan ketidaknyamanan, penglihatan kabur, dan peningkatan kepekaan terhadap cahaya.

Mata yang terhidrasi juga membantu proses pembersihan alami, sehingga mengurangi risiko infeksi mata dan masalah terkait mata lainnya. Selain itu, hidrasi juga memfasilitasi penyerapan dan transportasi nutrisi penting ke mata kita seperti vitamin C dan E, asam lemak omega-3, dan antioksidan.

Di sisi lain, mata yang terhidrasi dengan baik berkontribusi dalam ikut menjaga tekanan intraokular di dalam mata. Hidrasi yang cukup memastikan bahwa tekanan cairan di dalam mata tetap stabil, sehingga bentuk dan fungsi mata tetap baik.

2] Melawan rabun senja

Rabun senja membuat aktivitas kita sangat terbatas, terutama saat malam hari. Pola makan yang baik dapat membantu mengatasi masalah ini. Vitamin A yang melimpah pada buah semangka dapat melindungi Kornea mata, yang bertanggung jawab untuk memfokuskan cahaya ke lensa mata. Dengan demikian, dapat mencegah rabun senja.

3] Mencegah degenerasi Makula

Antioksidan yang terkandung dalam semangka dapat membantu mencegah atau menunda pembentukan katarak. Di samping itu, antioksidan ini bahkan dapat mengurangi risiko untuk terkena degenerasi makula terkait usia, yang dapat menyebabkan kebutaan.

4] Menghasilkan pigmen pada mata

Selain dapat meningkatkan suasana hati, karena mengandung vitamin B6: nutrisi penting yang membantu menenangkan saraf, meningkatkan semangat, dan menyeimbangkan hormon, kandungan vitamin A pada semangka juga membantu memproduksi pigmen penting dalam Retina mata, yang juga ikut berperan dalam mencegah degenerasi makula serta menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image