Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Begini Cara Merekam Audio di Windows 11

Teknologi | Tuesday, 17 Oct 2023, 06:36 WIB
Merekam audio (Pixabay.com/SSDarindo)

Merekam audio saat membaca puisi, berlatih pidato, menguasai bahasa asing, atau membuat podcast atau siniar, dapat dilakukan dengan mudah pada Windows 11. Bagaimana caranya? Melansir dari laman MUO, berikut cara merekam audio di PC Windows 11, menggunakan aplikasi bawaan dan aplikasi bukan bawaan.

Cara Merekam Audio dengan Mikrofon di Windows 11

Ada beberapa cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk merekam audio di Windows 11. Anda dapat menggunakan aplikasi Perekam Suara bawaan atau aplikasi lain seperti Audacity untuk merekam audio menggunakan mikrofon PC Anda. Begini caranya.

1. Rekam Audio Anda Menggunakan Aplikasi Perekam Suara

Aplikasi Perekam Suara mudah digunakan dan dapat merekam audio dalam berbagai format populer, termasuk MP3, M4A, WAV, FLAC, dan WMA. Buka aplikasi Perekam Suara dari menu pencarian dan pilih perangkat input audio yang Anda inginkan dengan menggunakan menu tarik-turun di sudut kiri bawah.

Tekan tombol titik merah untuk memulai perekaman. Saat merekam, Anda memiliki opsi untuk menjeda proses atau menyimpannya dengan mengeklik tombol stop. Atau, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard di aplikasi Perekam Suara untuk melakukan tindakan ini.

Anda dapat membuka menu Pengaturan di aplikasi Perekam Suara untuk mengubah format perekaman atau mengatur kualitas audio yang Anda inginkan.

2. Rekam Audio Anda Menggunakan Aplikasi Audacity

Meskipun aplikasi Perekam Suara bawaan dari Microsoft dapat menyelesaikan pekerjaan, aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur. Jika Anda mencari aplikasi perekaman audio yang lebih kaya fitur, Anda dapat mengunduh dan menggunakan Audacity. Ini adalah aplikasi gratis yang dapat membantu Anda membuat dan mengedit rekaman audio berkualitas profesional di komputer Windows.

Unduh dan instal aplikasi Audacity di PC Anda. Buka aplikasi tersebut dan klik tombol rekam untuk mulai merekam audio. Setelah selesai merekam, klik menu File, buka Ekspor, dan pilih format yang Anda inginkan untuk menyimpan file.

Selain merekam audio, Audacity juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa trek, menghapus suara latar belakang dari rekaman, menghapus vokal dari musik, dan melakukan lebih banyak lagi.

Cara Merekam Suara yang Berasal dari PC Windows 11

Apakah Anda ingin merekam suara yang keluar dari PC Windows 11 Anda? Jangan khawatir, Anda tidak perlu memegang mikrofon ke speaker komputer Anda, karena Windows menawarkan fitur praktis yang dikenal sebagai Stereo Mix untuk tujuan ini.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan dan menggunakan Stereo Mix untuk merekam suara yang berasal dari PC Anda.

1. Klik kanan pada ikon speaker atau pelantang di bilah tugas dan pilih Pengaturan suara dari menu yang muncul.

2. Di aplikasi Pengaturan yang terbuka, klik Pengaturan suara lainnya.

3. Beralih ke tab Perekaman dan cari entri Campuran Stereo. Jika Stereo Mix tidak ditampilkan, klik kanan di mana saja pada ruang kosong di dalam tab Recording dan centang opsi Show Disabled Devices (Tampilkan Perangkat yang Dinonaktifkan).

4. Klik kanan pada Stereo Mix dan pilih Enable.

5. Klik kanan lagi pada Stereo Mix dan pilih Set as Default Device.

6. Tekan Apply diikuti dengan OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, buka aplikasi Perekam Suara atau Audacity dan atur Stereo Mix sebagai perangkat input audio default. Kemudian, putar lagu, podcast, atau ceramah di PC Anda dan rekam. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image