Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dyan

Kopi Bagi Kesehatan Rambut

Eduaksi | Monday, 16 Oct 2023, 20:48 WIB

Kerontokan dan kerusakan rambut dapat terjadi seiringnya bertambah usia. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas dan membuat kita tidak nyaman. Tetapi, gimana sih cara merawat rambut yang baik dan benar? Merawat rambut dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu keramas. Keramas menggunakan shampo yang tepat dapat menutrisi akar hingga ujung rambut. Adapun cara lain untuk meningkatkan nutrisi rambut yaitu dengan menggunakan kopi.

Manfaat kopi bagi kesehatan rambut

 

  1. Rambut menjadi halus dan berkilau

Kafein dapat membantu mempertahankan atau menjaga kelembaban rambut dan membuat rambut kilau secara alami. Serta, kopi dapat mencegah rambut dari kerusakan berupa rambut patah, kering, dan kusam. Hal tersebut disebabkan karena kopi mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan regenerasi rambut.

 

  1. Melancarkan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut biasa dialami seiring pertambahan usia atau dipengaruhi

oleh keadaan tertentu. Penggunaan kopi untuk perawatan rambut dapat mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, karena kafein dalam kopi dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kafein juga berfungsi melancarkan sirkulasi darah pada folikel rambut.

 

  1. Memudarkan uban pada rambut

Penggunaan kopi secara rutin dapat membantu memudarkan uban. Hal tersebut dikarenakan cairan kopi yang berwarna gelap dapat membantu .menghitamkan helai rambut.

Cara keramas menggunakan kopi

 

  1. Basahi rambut dan keramas menggunakan shampo seperti biasa.
  2. Kemudian, campurkan cairan shampo dengan bubuk kopi setengah dari takaran shampo.
  3. Campurkan lalu gunakan pada rambut yang sudah dibilas.
  4. Bungkus rambut menggunakan handuk atau shower cap sekitar 30 menit.
  5. Bilas dengan air sampai tidak ada lagi sisa kopi yang menempel pada rambut.

Demikian adalah manfaat dan juga cara penggunaan kopi bagi kesehatan rambut. Penggunaan kopi berlebihan pada rambut juga dapat menyebabkan dampak buruk. Oleh karena itu, kita harus dapat menggunakannya secara teratur dan bijak.

Ditulis oleh : Dianrani Fitriadila, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image