Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Daurah Imamah Sebagai Upaya Untuk Mencetak Para Imam Masa Depan

Agama | Friday, 13 Oct 2023, 19:39 WIB

Seorang muslim yang baik, berusaha untuk menyempurnakan setiap amalnya. Karena hal itu sebagai bukti keimanannya. Maka shalat harus menjadi perhatian utamanya. Dapat dibayangkan, bagaimana ketika imam bertakbir, terlihat para makmun bertakbir sambil mengangkat tangannya secara serempak; ketika imam mengucapkan amin terdengar keserasian dalam mengikutinya.

Tidak diragukan lagi, bahwa tugas imam merupakan tugas keagamaan yang mulia, yang telah diemban sendiri oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ; begitu juga dengan Khulafaur Rasyidin setelah beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Banyak hadits yang menerangkan tentang fadhilah imam. Diantaranya sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tiga golongan di atas unggukan misik pada hari kiamat,” kemudian beliau menyebutkan, diantara mereka, (ialah) seseorang yang menjadi imam untuk satu kaum sedangkan mereka (kaum tersebut) suka kepadanya. Pada hadits yang lain disebutkan, bahwa dia memperoleh pahala seperti pahala orang-orang yang shalat di belakangnya.

Akan tetapi, menjadi seorang imam bukanlah hal yang mudah, ada bebarapa syarat yang harus dipenuhi. Oleh karenanya, SMP Al-Hikmah Boarding School Batu mengadakan Daurah Imamah yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa-siswanya untuk menjadi seorang imam yang baik.

Daurah Imamah SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Daurah Imamah kali ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 11-13 Oktober 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Furqon Al-Hikmah Boarding School Batu, yang di ikuti oleh seluruh siswa SMP Al-Hikmah Boarding School Batu.

Berbagai materi di sampaikan kepada para peserta, antara lain keutamaan sholat berjamaah, fiqih imamah, syarat-syarat menjadi imam dan lain sebagainya. Setelah pemberian materi, pada hari terakhir diadakan tes dan standardisasi imam, mulai dari gerakan sholat hingga bacaan sholat.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh siswa SMP Al-Hikmah Boarding School Batu kelak menjadi seorang imam yang baik ketika sudah mengabdi di masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image