Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image RIZA SAVIRA

Tim PKM-PM UB Bantu Warga Tambak Kalisogo Menanam Padi di Atas Lahan Tambak (Padi Apung Terproteksi)

Teknologi | Thursday, 12 Oct 2023, 13:31 WIB

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) yang terdiri dari lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat ide inovasi Padi Apung Terproteksi di Wilayah Pertambakan Desa Tambak Kalisogo, Kabupaten Sidoarjo.

Padi Apung Terproteksi merupakan sistem penanaman padi dengan sistem akuaponik menggunakan prototype yang mengapung diatas lahan tambak. Ide ini didapatkan dari banyaknya lahan tambak di Desa Tambak Kalisogo yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk budidaya ikan saja, sehingga mayoritas masyarakat bekerja sebagai petani tambak. Oleh karena itu, kami memiliki ide untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penanaman padi diatas tambak tanpa mengganggu ikan yang hidup dalam tambak tersebut. Sistem padi apung ini memunggkinkan masyarakat untuk panen padi dan panen ikan dalam satu lahan yang sama.

Pada saat sosialisasi dan praktik langsung, masyarakat Tambak Kalisogo terlihat antusias dan sangat tertarik dengan program yang kami bawakan. Perangkat desa juga turut serta dalam kegiatan ini. “Kami akan buatkan kelompok tani untuk merawat padi apung yang akan ditanam diatas tambak, harapannya program ini berjalan lancar dan benar-benar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat” tutur Bapak Sekretaris Desa Tambak Kalisogo.

Warga pun berharap besar atas keberhasilan program ini, karena sistemnya yang tidak terlalu susah untuk diterapkan. “Saya baru tau kalo padi bisa ditanam dengan mengapung diatas tambak seperti itu, jujur menurut saya program ini sangat menarik” ucap salah satu warga.

Proyek pengabdian masyarakat ini didanai langsung oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Indonesia dan Universitas Brawijaya sebagai komitmen implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Tim PKM-PM terdiri dari lima inovator muda yaitu Surya Adi Kusuma sebagai Ketua, dan empat anggota lainnya antara lain Riza Savira, Jauf Tsainiyah Dzul Mawaddah, Muhammad Diky Anam Setiawan, Muhammad, Reza Pahlevi Ramadhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image