Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thalitha Neila Dorisno

7 Perilaku yang Harus Dihindari Wirausahawan Pemula

Bisnis | Thursday, 12 Oct 2023, 00:02 WIB
Sumber: Pexels.com

Untuk memulai segala sesuatu, perlu adanya pemilihan yang tepat dalam pengambilan tindakan dari individu, serangkaian tindakan yang diambil oleh individu tersebut dinamakan sebagai perilaku. Dalam berwirausaha pun tak terlepas dari aturan perilaku. Bagi para wirausahawan pemula atau orang-orang yang baru mau membangun usahanya, ada beberapa perilaku yang tidak boleh dilakukan. Berikut adalah 7 perilaku yang harus dihindari para wirausahawan pemula.

1.) Memulai Wirausaha di Bidang yang Tidak Dikuasai

Dalam berwirausaha, ada beberapa tahap awal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah menentukan bidang wirausaha. Keputusan awal ini merupakan hal yang penting. Contohnya, apabila ingin membuka usaha di bidang makanan, pastikan Anda menguasai pengolahan makanan yang ingin dijual. Dengan menerapkan perilaku ini, strategi dan kegiatan penjualan bisa berjalan lancar dan maksimal karena dapat menciptakan inovasi dan kreativitas atas produk yang dijual.

2.) Mudah Goyah oleh Kompetitor

Persaingan dalam dunia wirausaha adalah hal yang biasa. Sangat kecil kemungkinan jika suatu usaha tidak memiliki saingan atau kompetitor di bidang usaha yang sama. Sebagai wirausahawan, sudah sifat alami bagi kita untuk membandingkan usaha yang kita jalankan dengan usaha serupa lainnya. Namun, hal tersebut tidak boleh membuat goyah dan lambat laun kehilangan semangat bersaing. Dengan adanya kompetitor, justru seorang wirausahawan harus bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk mempromosikan keunggulan lain dari barang atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut dilakukan agar tetap menarik konsumen walaupun bergerak di pasar yang sama.

3.) Terburu-buru dan Tidak Memasang Target Bertahap

Tentu tidak ada salahnya menginginkan kesuksesan setinggi mungkin pada usaha Anda, namun ada baiknya bagi wirausahawan untuk memasang target secara bertahap. Hal ini dilakukan agar usaha tetap progresif, tidak tamak dalam menargetkan keberhasilannya, dan agar wirausahawan lebih menghargai proses usahanya yang berjalan dari bawah.

4.) Menunda-nunda

Pada bidang wirausaha pun menunda-nunda bukanlah hal yang disarankan. Menunda-nunda pada umumnya akan membawa pada kerugian. Contohnya, pada suatu saat peluang untuk membuka Bisnis A sedang tinggi, Anda ingin membuka bisnis tersebut tapi menunda-nunda, hal yang kemungkinan terjadi adalah Anda kehilangan masa tingginya peluang tersebut. Bukan hanya baru mau memulai suatu usaha, hal tersebut bisa terjadi kepada pelayanan barang dan jasa yang ditunda-tunda, dan lain-lain. Maka dari itu, menunda-nunda termasuk salah satu perilaku yang patut dihindari.

5.) Mengambil Keputusan Tanpa Pertimbangan Lebih Lanjut

Baik usaha yang dijalani sendiri maupun berkelompok, pengambilan keputusan harus dilakukan dengan pertimbangan sebaik mungkin. Pengambilan keputusan yang dilakukan secara sembarangan akan menempatkan usaha dalam resiko. Maka dari itu, akan lebih baik keputusan dipertimbangkan secara matang-matang apabila usaha dijalankan sendiri, sedangkan apabila usaha dijalankan secara berkelompok, lebih baik keputusan didiskusikan bersama.

6.) Pencatatan Biaya yang Tidak Beraturan

Biaya atau uang merupakan unsur utama dalam suatu wirausaha. Perilaku mencatata uang yang tidak dilakukan beraturan dapat mengakibatkan kekeliruan bahkan kerugian bagi usaha. Hal semacam pencatatan uang yang keluar dan masuk harus dilakukan dengan benar untuk mengetahui apakah biaya yang dikerahkan terlalu sedikit atau banyak, juga apakah usaha mencapai keuntungan atau kerugian.

7.) Tidak Profesional

Profesionalitas merupakan satu dari beberapa hal penting yang perlu diterapkan oleh seorang wirausaha. Profesional yang ditekankan adalah kemampuan untuk memisahkan kehidupan atau masalah pribadi dari persoalan yang ada di usaha, kemampuan untuk tidak bertindak impulsif dalam hal yang menyangkut usaha, dan kemampuan memperlakukan pelanggan maupun karyawan dengan baik dan adil. Jika seorang wirausaha tidak menerapkan profesionalitas, citra usaha akan memburuk dan usaha akan mengalami kerugian bahkan bangkrut.

Itu dia 7 perilaku yang perlu dihindari oleh para wirausahawan pemula. Apabila perilaku-perilaku tersebut tidak dilakukan, kemungkinan besar usaha yang dijalani akan berada dalam kondisi stabil jika diiringi dengan pengelolaan yang baik di bidang lainnya. Menjadi seorang wirausaha di era berkembangnya teknologi dan informasi dapat menjadi hal yang menguntungkan asalkan dimanfaatkan dengan baik untuk belajar tentang hal-hal yang harus dilakukan dan tidak sebagai wirausahawan.


Thalitha Neila Manajemen Universitas Pembangunan Jaya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image