Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Asah Ratusan SDM Lokal Tuban Dorong Percepatan Proyek Grass Root Refinery

Agama | Wednesday, 11 Oct 2023, 15:50 WIB

Grass Root Refinery (GRR) Tuban, merupakan salah satu proyek terbesar dan paling penting dalam industri energi di Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor produk minyak mentah dan meningkatkan produksi minyak bumi nasional.

Pembangunan GRR ini menyedot tenaga kerja professional yang bekerja di sektor hilir migas. Untuk itu Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur melaksanakan pelatihan untuk pengembangan Sumber Daya Manusianya.

Natalia Maharani, Subkoordinator Kerja Sama dan Pengembangan menjelaskan bahwa kerja sama ini ditujukan untuk mempersiapkan SDM local Kabupaten Tuban untuk dapat bersaing di kancah nasional.

“Saat ini Kabupaten Tuban sedang gencar mempersiapkan SDM lokal untuk menyambut proyek GRR Tuban (Pertamina Rosneft). GRR Tuban merupakan proyek strategis nasional yang mana SDM yang dibutuhkan tidak hanya diambil dari ring 1 (Tuban) tapi secara nasional. Sehingga Pemerintah Tuban mempersiapkan putra putrinya untuk dapat bersaing di kancah nasional,” ungkapnya.

Program pelatihan yang akan diikuti oleh sertifikasi ini meliputi Operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Operator Forklift, Operator Mobile Crane, Juru Ikat Beban (Rigger), Operator Scaffolding, Operator Forklift, Operator Mobile Crane dan Juru Ikat Beban (Rigger) dengan masing – masing 15 hari pelatihan serta dua hari sertifikasi.

Pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan selama kurun waktu bulan Oktober sampai dengan November 2023. Pemkab Tuban mengirimkan 234 putra putri daerah untuk mengikuti rangkaian kegiatan program kerja sama ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image