Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Robin sah

Bela Ghaza, Ledakkan 'Bom Jari' Anda......!!

Politik | Wednesday, 11 Oct 2023, 10:54 WIB

By: Robinsah

"Siapa yang sudah membuat konten kreator tentang Palestina/Ghaza?"

Ujar ane ke sekelompok pemuda. Tadi pagi. Bakda khalaqoh Qur'an.

"Atau," sambung ane sebelum mereka ada yang angkat tangan, "Minimal meng-share berita-berita/meme-meme yang menunjukkan dukungan kepada saudara-saudara seiman di Ghaza?"

Syukur alhamdulillah, di antara mereka ada yang angkat tangan. Menunjukkan, bahwa mereka mengikuti perkembangan berita terkini terkait peperangan di Ghaza, bahkan pro aktif dalam menyebarkannya.

Ane menyengaja menanyakan hal itu kepada mereka. Sekedar memgetahui, sejauh mana para kaula muda itu peduli terhadap saudara-saudara seiman di Ghaza, yang hingga saat ini masih berjuang merebut kemerdekaan.

Sebagaiamana telah maklum. Sejak hari Sabtu lalu, dilaporkan bahwa para pejuang dari Ghaza, melakukan perlawanan secara terbuka terhadap penjajah. Hingga hari ini, peperangan itu terus bergulir.

Korban berjatuhan. Tak terkecuali para wanita dan anak-anak. Karena memang sudah menjadi tabiat penjajah itu, selalu menargetkan serangan pada penduduk sipil.

Tidak hanya itu kebiasaan buruk mereka. Tempat-tempat/gedung-gedung umum sepertu rumah sakit dan sekolah ikut ditarget. Contohnya; Rumah Sakit Indonesia, yang terkena roket.

Lalu, kita yang jauh di lokasi, apa yang bisa dilakukan sebagai bentuk solidaritas kita terhadap para pejuang Palestina?

Setidaknya ada tiga. Pertama; tentu saja doa. Berdoalah untuk kemenangan sudaa-saudara kita di sana. Agar Allah teguhkan mereka, serta diberi kemenangan. Aamiin....

Dua; memberikan bantuan berupa materi. Ketika mendapati kecukupan, berbagilah. Sungguh, memberi bekal bagi mereka yang berjihad di jalan Allah akan memperoleh ganjaran nan sama dengan mereka yang berjihad.

Ketiga; jadikan jari Anda 'bom' informasi, terkait dukungan kepada para pejuang, dan penolakkan atas penjajahan di Palestina.

Buatlah konten. Atau share lah konten-konten di media sosial yang dimiliki, sebagai keberpihakan kepada para pejuang kemerdekaan.

Siapapun tahu, dalam konteks kekinian, media sosial memiliki peranan penting dalam membentuk wacana bahkan kebijakan politik dalam dunia nyata.

Lebih dari itu, langkah kecil ini bisa kita jadikan hujjah kepada Allah atas pembelaan terhadap saudara-saudara seiman, yang tengah dijajah. Dengan demikian, kita tidak termasuk pribadi yang tak peduli sudara, yang mendapat peringatan keras dari Nabi Muhammad SAW.

Barangsiapa yang tidak peduli urusan kaum Muslimin, Maka Dia bukan golonganku.” (Al-Hadits).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image