Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Belajar Lingkungan Hidup di PPLH Seloliman

Edukasi | Wednesday, 11 Oct 2023, 06:10 WIB

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan program pendidikan yang ditujukan untuk mengubah sikap dan perilaku manusia agar bereproduksi secara rasional, memelihara lingkungan hidup, serta bertanggung jawab terhadap kualitas kehidupan saat ini dan masa yang akan datang melalui proses pendidikan.

Pendidikan lingkungan hidup sangat penting bagi siswa, karena para siswa saat ini merupakan generasi masa depan yang akan meneruskan kelangsungan hidup dimasa depan. Oleh karenanya, SMP Al-Hikmah Boarding School Batu mengadakan pembelajaran langsung kepada siswa-siswanya untuk belajar lingkungan hidup di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman Mojokerto. Selain itu juga sebagai penerapan dari program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

P5 SMP Al-Hikmah Boarding School Batu di PPLH Seloliman Mojokerto

Di PPLH Seloliman para siswa banyak belajar tentang lingkungan hidup, mulai dari pemberian materi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, kemudian belajar tentang pengelolaan sampah dan beberapa materi lainnya.

Setelah pemberian materi, siswa diajak berkeliling di sekitar PPLH Seloliman untuk mengenal berbagai macam tumbuhan, antara lain tanaman TOGA (tanaman obat keluarga) yaitu tanaman disekitar kita yang bisa dijadikan obat. Selain itu siswa juga belajar tentang tanaman organik dan tatacara perawatannya. Para siswa juga diajak berkeliling di hutan lindung yang berada di lingkungan PPLH Seloliman, siswa diajak untuk mengetahui keadaan hutan lindung, pepohonan dan lain sebagainya.

Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menanamkan jiwa peduli lingkungan kepada para siswa, sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan lingkungan di masa yang akan datang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image