Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cornelius Dias Saputra

Cara Memulai Bisnis Online dan Menemukan Kesuksesan

Bisnis | 2023-10-10 12:47:53

Sebelum era digital, hanya segelintir orang yang memiliki hak istimewa yang dapat mengkonsolidasikan sumber daya yang diperlukan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Modal awal harus besar, sedangkan pendanaan dari luar seringkali langka kecuali Anda memiliki koneksi dengan keuangan dan keahlian kewirausahaan.

Dalam dunia penjualan online dan e-niaga, hal tersebut tidak lagi terjadi karena permintaan akan e-niaga dan bisnis online telah membludak. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ecommerce sangat pesat. Dari tahun 2019 hingga 2021, penjualan e-niaga tumbuh lebih dari 50%, mewakili 13,2% dari seluruh penjualan ritel di AS.

Saat ini, siapa pun dapat memulai dan mengembangkan bisnis online, terlepas dari latar belakang profesional atau pengalaman kewirausahaan masa lalu.

Namun, meskipun hambatan masuk telah diturunkan, hambatan tersebut juga belum sepenuhnya hilang. Calon pemilik bisnis masih perlu mengembangkan ide produk yang berkualitas, mencari tahu sumber daya atau strategi manufaktur, dan kemudian menerapkan model penjualan yang layak

Alasan Anda Harus Memulai Bisnis Online

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa memulai bisnis online? Mengapa tidak memilih yang fisik saja?

Jawabannya? Dengan Berbisnis secara online, kita memiliki keuntungan tersendiri yaitu

Memulainya cukup murah.

Banyak yang ingin memulai bisnis tetapi terhalang oleh investasi yang diperlukan untuk memulainya. Anda harus membayar sewa, membeli inventaris, dan menganggarkan gaji karyawan. Jika bisnis gagal, hal itu dapat menghancurkan Anda secara finansial.

Namun, dalam bisnis online, yang Anda perlukan hanyalah:

Komputer. Nama domain. Pembuat situs web

Dengan kata lain, meluncurkan bisnis online dengan modal awal Rp 1.500.000 adalah hal yang layak dilakukan, dan Anda tidak perlu mempertaruhkan tabungan hidup Anda untuk menjadi pengusaha online yang sukses.

Potensi dan pertumbuhan utama.

Ketika Anda memiliki bisnis fisik, Anda harus menghadapi keterbatasan dunia nyata, mulai dari biaya real estat hingga permintaan lokal.

Saat Anda menjalankan bisnis online, tidak ada batasan yang berlaku. Anda dapat menjual kepada siapa pun - di mana pun mereka tinggal, dan setiap tahun - kumpulan pelanggan potensial Anda bertambah karena semakin banyak orang yang merasa nyaman dengan belanja online.

Pada tahun 2025, e-niaga akan menyumbang hampir 25% dari penjualan ritel global. Selain itu, populasi internet global juga terus bertambah karena pengguna internet di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 5,6 miliar pada tahun 2018-2025.

Semakin banyak orang yang online berarti semakin besar potensi keterpaparan untuk merek online Anda, terutama jika Anda tidak keberatan membawa bisnis online Anda melintasi batas negara.

Selalu aktif.

Keuntungan lain yang dimiliki bisnis online dibandingkan bisnis fisik adalah mereka dapat tetap buka 24/7, bahkan di tengah lockdown dan gangguan lainnya.

Setelah situs web bisnis Anda online, Anda selalu tersedia untuk melakukan penjualan. konsumen atau penikmat dapat membeli atau menikmati pesanan kapan saja.

Karena Anda tidak perlu hadir secara fisik untuk melakukan penjualan, bisnis Anda dapat menghasilkan pendapatan dengan lebih sedikit keterlibatan sehari-hari.

Tentukan Peluang / Ceruk dan Ide Bisnis Anda

Ceruk bisnis adalah area fokus Anda, segmen pasar dan target audiens yang terutama Anda layani. Ini bisa siapa saja mulai dari penggemar olahraga, penghobi, hingga profesional.

Anda perlu memilih ceruk untuk bisnis baru Anda. Untuk menemukan target audiens yang tepat, pastikan mereka memiliki:

- Sebuah masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh orang lain.

- Kesediaan membayar untuk solusi masalah itu

- Pendapatan diskresi yang cukup untuk membiayai solusi tersebut.

Setelah Anda menentukan Peluang / Ceruk Anda, pertimbangkan langkah-langkah berikut untuk membangun ide bisnis Anda

Menjadi Afiliasi.

Pemasaran afiliasi patut dipertimbangkan jika Anda ingin memulai bisnis online tetapi tidak tertarik untuk menciptakan produk Anda.

berikut cara menghasilkan uang dengan berbisnis online. Menurut SaaS Scout, pengeluaran pemasaran afiliasi tahunan menurut merek diperkirakan mencapai $12 miliar. Angka tersebut diperkirakan akan tumbuh sebesar 10% dalam beberapa tahun ke depan.

Inilah cara kerja pemasaran afiliasi:

1. Mendaftar untuk program afiliasi.

2. Pilih produk orang lain untuk dipromosikan ke audiens Anda. Ini bisa berupa produk digital atau barang fisik apa pun.

3. Dapatkan bayaran komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan melalui link referral Anda.Promosikan produk afiliasi di blog Anda dengan membuat SEO atau konten sosial seputar kata kunci yang relevan. Anda juga dapat mempromosikan produk afiliasi ke pelanggan daftar email Anda dengan mengizinkan mitra afiliasi Anda menyelenggarakan webinar untuk audiens Anda.

Pemasaran afiliasi memiliki biaya awal yang sangat rendah. Anda hanya perlu membayar di muka untuk nama domain, web hosting, dan pemasaran email perangkat lunak.

Cornelius Dias Saputra Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image