Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Hari Rabies Sedunia 2023, Ratusan Hewan Penular Rabies Divaksin Massal

Info Terkini | Saturday, 07 Oct 2023, 18:14 WIB
Peserta Vaksinasi Massal di Puskeswan Pandeglang, Sabtu 10 Oktober 2023

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang menggelar vaksinasi gratis bagi Hewan Penular Rabies (HPR) di Puskeswan Pandeglang, Sabtu (7/10/2023).

Vaksinasi massal massal tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap 28 September.

“Hari ini kami melaksanakan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Pandeglang bertepatan dengan puncak acara peringatan Hari Rabies Sedunia yang digelar serempak di seluruh Puskeswan se-indonesia,” kata Kepala DPKP Pandeglang Nasir, usai membuka acara rangkaian puncak peringatan Hari Rabies Sedunia, di Puskeswan Pandeglang, Sabtu pagi (7/10/2023).

Dihadapan puluhan pemilik hewan kesayangan yang antusias berdatangan, Nasir mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi warga Pandeglang yang hendak mendapatkan pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Pandeglang.

"Dengan divaksin rabies diharapkan penularan dan penyebaran penyakit rabies yang dibawa hewan penular rabies di Kabupaten Pandeglang dapat dicegah." katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Nasir berharap warga Pandeglang dapat memanfaatkan keberadaaan Puskeswan Pandeglang yang saat ini sudah lebih refresentatif.

"Sekarang Kabupaten Pandeglang sudah memiliki empat Puskeswan yang tersebar di Kaduperang Kecamatan Karangtanjung, Puskeswan Pembantu Kecamatan Menes, Labuan dan Cibaliung," ujar Nasir didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Wahyu Widyawati dan Kepala UPT Puskeswan Ade Setiawan.

Disambut antusias warga

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang mengatakan, Puncak perayaan Hari Rabies Sedunia pada Sabtu 07 Oktober 2023 di Puskeswan Pandeglang disambut antusias warga Pandeglang. Sebanyak seratusan ekor Hewan Penular Rabies dibawa pemiliknya ke Puskeswan Pandeglang untuk diberi vaksin rabies secara gratis.

“Kegiatan hari ini rangkaian terakhir pelaksanaan vaksinasi rabies massal yang dilaksanakan di Puskeswan Pandeglang. Kami menyediakan 100 dosis vaksin rabies untuk disuntikan secara gratis pada hewan penular rabies yakni anjing dan kucing,” kata Ade.

Ia menjelaskan, selama bulan September 2023 Puskeswan Pandeglang telah melaksanakan aksi vaksinasi rabies massal di wilayah kerja Puskeswan Pembantu. Hasilnya, sebanyak 80 ekor anjing, 6 ekor monyet dan 4 ekor kucing telah divaksinasi rabies di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung.

Sebanyak 94 ekor anjing, 2 ekor monyet dan 4 ekor musang telah divaksinasi rabies di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Labuan.

Sementara untuk Puskeswan Pembantu Menes telah melaksanakan vaksinasi rabies pada 66 anjing dan 14 monyet milik warga setempat, selama bulan September 2023

Ade mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang setiap tahun yang dilakukan oleh Petugas Puskeswan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image