Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Intan Rasari

Pembelajaran yang Asyik dengan Playmat

Eduaksi | Wednesday, 04 Oct 2023, 17:17 WIB

Senin, 11 September 2023 disambut mentari dan sapaan anak-anak TKQ Al-Kufi memberi semangat baru hari itu. Sapaan dan salaman hangat selalu menyambut kami. Hal ini terjadi setiap harinya pembelajaran di TKQ Al-Kufi.

Namun nampak hal berbeda hari ini di TKQ Al-Kufi. Terdengar suara ceria anak-anak tanpa mengurangi keseriusan belajar. Terdengar suara tawa kegembiraan anak-anak serta suara anak berhitung dan menyebutkan huruf-huruf. Dari luar seperti suara candaan anak saja, tetapi anak-anak sedang belajar, membuat para walimurid yang menunggu diluar penasaran. Ada apa gerangan?.

Pembelajaran menggunakan Playmat ( Dokumentasi Pribadi )

Hari ini, para mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang memberi suasana baru dalam belajar. Sebelumnya kehadiran para mahasiswa langsung disambut hangat oleh pemilik dan Kepala Sekolah dari TKQ Al-Kufi. Para dewan guru pun sangat terbuka menerima para mahasiswa. Terlebih anak-anak yang sangat antusias dan Orang Tua yang ramah menyambut para mahasiswa.

Mahasiswa STIT Rakeyan Santang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Muktijaya selama 2 bulan, yaitu dari bulan Agustus sampai bulan September. Mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang terjun di masyarakat dalam bidang pendidikan dan ekonomi. Dalam bidang pendidikan Mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang mengabdikan di TKQ Al-Kufi yang merupakan salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di desa Muktijaya tepatnya di dusun Kopo Timur RT 08.

Pada hari itu para mahasiswa KKN STIT Rakeyan Santang membawa permainan edukatif yang belum pernah dimainkan oleh anak-anak di TKQ Al-Kufi. Anak-anak sangat bersemangat dan penasaran dengan kehadiran kami. Saya, Intan Rasari, salah satu mahasiswa KKN bersama dengan teman-teman membawa sebuah APE yang kami namakan “Playmate”. Permainan ini mampu menstimulasi 6 aspek perkembangan dan praktik permainannya sangat efektif.

Terdapat beberapa angka, huruf, bentuk geometri, bentuk langkah kaki, gambar binatang. Permainan ini bisa dimainkan langsung oleh 3 – 4 anak dalam sekali permainan. Pada saat bermain, anak akan berhitung menyebutkan angka-angka yang ada di media tersebut. Selain itu ada huruf-huruf abjad, sehingga anak juga bisa menyebutkan huruf apa yang sedang ditempati. Angka dan huruf hanya sebagian, ada juga gambar-gambar binatang. Aturannya pada saat anak berada di sebuah gambar binatang, makan anak menirukan suara atau cara berjalan gambar binatang tersebut.

Permainan ini membutuhkan koordinasi mata, tangan dan kaki serta panca indra lainnya. Dari rangkaian diatas permainan ini dapat menstimulasi aspek perkembangan. Dalam playmate ini pun terdapat sebuah permainan tradisional, yaitu “engkle”. Hal ini sekaligus mmengenalkan kepada anak sebuah permainan tradisonal yang dapat dimainkan dengan mudah, sekaligus menghidupkan budaya lokal sebuah permainan anak. Harapannya anak bisa menyalurkan energi positif nya dengan sebuah permainan sederhana ditengah kemajuan teknologi ini.

Ibu Hani selaku dewan guru TKQ Al-Kufi sangat mendukung kegiatan ini, membuka pengetahuan baru dengan permainan sederhana bisa mengajak anak bekajar dengan menyenangkan.

Intan Rasari B23620B1053

Ariana Kiswoyo B23620B1036

Ruhama Kamila A23219B1006

Ahmad Zakaria A23220B1015

DPL: Diah Widiawati, S.S., M.Pd

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image