Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nadia Cahyawati

Ajak Warga Konsumsi Ikan, PPK Ormawa Himakua IPB Berkolaborasi dengan Festival Ikan Nusantara

Info Terkini | Wednesday, 04 Oct 2023, 15:41 WIB

Dokumentasi : Festival Ikan Nusantara 2023 Desa Purwasari, Bogor

Festival Ikan Nusantara (FINA) mengusung kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diadakan pada hari Minggu, 17 September 2023 oleh mahasiswa yang tergabung dalam PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) Himakua (Himpunan Mahasiswa Akuakultur) IPB University berkolaborasi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Lapangan Mandala Fishery, Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga yang menyertakan Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai pengisi acara dalam pengolahan hasil perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan mendapatkan tanggapan yang positif dari warga sekitar.

Hal tersebut juga disampaikan secara langsung oleh Penanggung Jawab Peningkatan Produksi, Direktorat Pengolahan dan Mutu, Ditjen PDSPKP KKP sekaligus sebagai Ketua Festival Ikan Nusantara 2023 yaitu Bapak Agus Wijatmoko pada saat sambutan Gemarikan.

Agus Wijatmoko mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi potensi dan manfaat dari produk perikanan serta mendorong konsumsi produk perikanan baik ikan hasil budidaya maupun ikan hasil tangkapan (17/9).

“Ikan menjadi salah satu primadona karena merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi dan mengandung Omega-3 yang baik untuk perkembangan otak anak. Selain itu, ikan juga kaya akan protein, vitamin, mineral dan rendah kolesterol. Manfaat ikan dapat mencegah stunting pada anak, melindungi terhadap penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke” Jelas pak Agus (17/9).

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai perairan yang luas sehingga sangat berpotensi di bidang perikanan. Potensi tersebut dapat menjadi sumber protein nasional yang dimanfaatkan untuk menambah angka konsumsi ikan khususnya di Jawa Barat. “Kegiatan fina sejalan dengan salah satu rencana KKP dalam menggalakkan gerakan makan ikan (Gemarikan) yang bertujuan untuk menyuarakan peningkatan angka konsumsi ikan di seluruh tanah air, namun tetap memerlukan dukungan yang kuat di semua lini” Ujar Bapak Aditya Ariyudanto.

Kegiatan Fina ini mendapatkan antusias yang tinggi dari warga Desa Purwasari. Hal tersebut ditunjukkan dari partisipasi warga yang turut aktif memberikan pertanyaan terkait pengolahan produk hasil perikanan yang dibimbing oleh KWT Desa Purwasari. Kegiatan berbagi ikan juga di barengkan dengan kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan baby fish ikan nila dari Kelompok Wanita Tani, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan salah satu olahan ikan yang sehat dan bernilai gizi sehingga memunculkan ide kreatif ibu ibu dalam membuat olahan dari ikan.

“Terima kasih kepada PPK Ormawa yang berkolaborasi dengan Festival Ikan Nusantara yang telah menyelenggarakan acara Gemarikan kepada warga Purwasari. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan angka konsumsi ikan bagi warga Desa Purwasari sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Kegiatan ini menjadi dorongan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai asupan protein yang tinggi” Ujar Kepala Desa Purwasari, Yusuf Mustofa.

Narahubung : Surya Baskara (081997820090)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image