Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Prayogo

Dosen Mengabdi Inovasi 2023 IPB University: Komunikasi Efektif untuk Kesejahteraan

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 07 Nov 2023, 14:08 WIB
Program Dosen Mengabdi Inovasi 2023 IPB University di Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali. (Dok. DMI 2023)

Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali merupakan salah lokasi yang dipilih untuk kegiatan Dosen Mengabdi Inovasi (DMI) 2023 di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian Masyarakat Agromaritim IPB University. Topik yang diangkat DMI di lokasi pengabdian adalah “Komunikasi Efektif dan Sinergi untuk Meningkatkan Kesejahteraan”. Kegiatan DMI 2023 di Kampung Kajanan dilaksanakan tanggal 3-4 November 2023 yang lalu. Kegiatan ini di koordinatori oleh Dr. Ir. Siti Amanah, M.Sc, dan anggota tim Titania Aulia, S.KPm, M.Si, serta Dr. Ir. Yayuk F. Baliwati, MS, dosen dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University.

Pada pertemuan tersebut, disampaikan pentingnya komunikasi efektif dan kerjasama antar kader PKK, Posyandu, dan lembaga lain di tingkat kelurahan. Tanpa komunikasi yang efektif, mengakibatkan salah persepsi dan konflik yang bila berkepanjangan akan menimbulkan gangguan di kehidupan keluarga, organisasi, maupun masyarakat.

Kegiatan Dosen Mengabdi Inovasi ini dihadiri oleh Lurah Kelurahan Kajanan, I Ketut Sudarsana, S. Sos, M. Ap beserta jajarannya, dan juga kader PKK Kelurahan Kajanan sebagai mitra DMI, Tim Posyandu Kelurahan Kampung Kajanan, Ketua Lingkungan (Kaling), representasi Lembaga Masyarakat Desa (LMD), dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kelurahan Kajanan akan pentingnya komunikasi yang efektif. Karena, dengan kesadaran tersebut, nantinya dapat diimplementasikan dikehidupan keluarga maupun masyarakat. Selain itu, peserta juga mendapatkan pemahaman akan pentingnya pola pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Pada sambutannya, I Ketut Sudarsana, S. Sos, M. Ap, mengatakan pentingnya komunikasi efektif antar lembaga. Lurah Kajanan mengutip apa yang disampaikan oleh pendiri Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”, bahwa seorang pemimpin itu harus dapat memberikan teladan yang baik bagi masyarakatnya. Di akhir sambutannya, Lurah Kajanan berharap agar warga dapat mengadaptasi cara berkomunikasi yang efektif. Karena dengan komunikasi yang efektif, akan terwujud kehidupan masyarakat yang harmonis.

Berikutnya, Dr. Ir Siti Amanah, MSc dalam paparannya menyampaikan materi mengenai komunikasi efektif dan sinergi antar lembaga untuk kesejahteraan. Fokus materi yang disampaikan adalah bagaimana komunikasi antar pihak dapat menghasilkan kesamaan dalam pemahaman.

Komunikasi yang efektif antar pihak dan lembaga menghilangkan adanya kesalahpahaman di antaranya. Sebagai makhluk sosial, kita selalu berkomunikasi, baik itu di keluarga, dalam organisasi, dan lingkungan sekitar kita. Dalam mengembangkan komunikasi, konsep diri sangatlah penting.

Dr. Siti Amanah, koordinator Dosen Mengabdi Inovasi IPB University. (Dok. DMI2023)

Untuk meningkatkan pemahaman materi, Dr. Siti Amanah yang juga Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI) ini mengajak peserta bermain Broken Square. Peserta diminta menyusun potongan-potongan kertas secara acak lalu digabungkan dan membentuk persegi. Di permainan ini, skill komunikasi sangat diperlukan guna tercapai tujuan dan kepentingan bersama.

drg. Eliz Khalishah sebagai pamapar berikutnya memberikan materi mengenai pola makan dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Materi B2SA dalam bentuk porsimetris kreasi Dr. Yayuk Baliwati. Selain memaparkan B2SA, drg. Eliz Khalishah juga mendemontrasikan cara membaca porsimetris B2SA.

Tujuan dari materi ini untuk memberikan pemahaman terhadap peserta akan pentingnya mengonsumsi dan mengatur pola serta porsi makanan yang dipenuhi oleh makanan penuh gizi sesuai kebutuhan tubuh. B2SA merupakan aneka ragam bahan pangan yang bersumber dari karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral. Apabila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

Kegiatan DMI 2023 Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali ini didukung oleh mahasiswa S2 dan S3, dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University dan juga mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Jasmine Salsabila Maharani. (SA/JS/PRA)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image