Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Microsoft Edge Bikin Perubahan Besar pada Kata Sandi yang Anda Simpan

Teknologi | Friday, 29 Sep 2023, 06:41 WIB
Microsoft Edge bikin perubahan pada kata sandi (Tech Radar/SSDarindo)

Pengguna Microsoft Edge dikejutkan oleh beberapa perubahan pada cara kata sandi yang disimpan muncul di dalam manajer terintegrasi. Anda yang menggunakan peramban web di Windows 11, iOS dan perangkat lain, kata sandi yang disimpan sekarang muncul sebagai string panjang, mirip dengan Pengenal Unik Global (GUID).

Hal ini tentu merusak kemampuan untuk menyalin dan menempelkan kata sandi yang sebenarnya untuk digunakan di aplikasi lain, atau bahkan melihatnya.

Sejak pembaruan terbaru pada server Microsoft, berbagai pengguna melaporkan masalah ini di sejumlah perangkat. Beberapa orang percaya bahwa ini mungkin semacam fitur keamanan untuk menjaga kerahasiaan kata sandi, tetapi tampaknya ini lebih mungkin merupakan bug. Untungnya, tampaknya ada perbaikan yang relatif sederhana.

Resyncing (Sinkron ulang)

Menurut Tech Radar, banyak pengguna Windows terbaru mengeluhkan masalah tersebut. Ada yang menyatakan, kata sandi yang mereka simpan sekarang muncul sebagai "sesuatu seperti kunci serial." Seorang pengguna Reddit juga melaporkan, meskipun masalah ini memengaruhi ponsel miliknya.

Untungnya, cara untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Untuk pengguna Edge di desktop, di bawah bagian profil pada pengaturan, arahkan ke 'Sinkronisasi' dan matikan lalu nyalakan lagi untuk menyinkronkan ulang kata sandi.

Pengguna seluler harus menginstal ulang Edge terlebih dahulu dan kemudian mengikuti langkah-langkah yang sama - pengaturannya dapat ditemukan dengan mengklik tiga titik vertikal di sudut atas aplikasi.

Meskipun masalah ini ada di mana-mana, tampaknya tidak banyak pengguna yang menyadarinya, mungkin karena sebagian besar tidak sering melihat kata sandi yang disimpan. Sejauh ini Windows tidak memberikan indikasi bahwa mereka menyadari masalah ini.

Namun, mereka bersiap untuk menyediakan pembaruan baru untuk Edge selama akhir pekan mendatang, dengan kemampuan tangkapan layar baru dan - tentu saja - lebih banyak kekuatan AI, kali ini untuk membantu menulis. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image