Pengunjung Festival Bogasari Membludak, Transaksi Capai Ratusan Juta

Kabar  

JAKARTA -- Pencapaian Festival Bogasari 2023 yang digelar di tiga kota dalam waktu tiga pekan sejak 10 sampai 23 September, melebihi target yang ditetapkan Bogasari. Baik target dari sisi jumlah pengunjung maupun transaksi penjualan produk UKM makanan berbasis terigu dan produk grup Indofood. Target pengunjung yang ditetapkan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari di tiap kota adalah minimal 3.000 orang atau total 10 ribu.

“Alhasil pengunjung Festival Bogasari 2023 paling ramai di Kota Yogyakarta dihadiri sekitar 6.221 pengunjung, Semarang 4.360 pengunjung, dan Kuningan 3.313 pengunjung. Sehingga kalau ditotalkan hampir 14 ribu pengunjung atau tepatnya 13.894. Ini melebihi dari target yang kami tetapkan,” ungkap Andriana, Product Group Development Manager Bogasari yang terjun langsung ke tiga kota penyelanggaraan Festival Bogasari 2023 dalam siaran persnya belum lama ini.

Membludaknya pengunjung Festival Bogasari 2023 ini juga ditandai dengan pencapaian target penjualan. Total nilai transaksi penjualan di Festival Bogasari 2023 di tiga kota hampir menembus Rp 200 juta atau tepatnya Rp 193 juta. Sedangkan target yang ditetapkan adalah Rp 150 juta di tiga kota dengan bobot utama UKM senilai Rp 90 juta sesuai tujuan dari Festival Bogasari 2023 yakni mempromosikan UKM daerah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penjualan tertinggi ada di Kota Yogyakarta yakni Rp 73 juta. Disusul Semarang Rp 71 juta dan Kuningan Rp 49 juta. Penjualan produk di tiap kota dibagi dua kelompok besar, yakni produk grup Indofood dan UKM. Namun penjualan produk Indofood lebih untuk melengkapi kebutuhan pengunjung.

“Target utama dari Festival Bogasari 2023 ini adalah penjualan sekaligus promosi produk UKM makanan berbasis tepung terigu. Makanya nilai transaksi produk UKM lebih besar dibanding produk grup Indofood yakni Rp 105 juta. Sedangkan nilai transaksi produk grup Indofood Rp 88 juta,” tegas Andriana.

Festival Bogasari yang kembali digelar setelah tertunda tiga tahun lebih karena pandemi Covid-19, diawali di Kota Kuda Kuningan pada 10 September yang digelar di Lapangan Pandapa Paramartha. Disusul di Area Parkir Stadion Sultan Agung, Kota Bantul (Yogyakarta) pada 17 September dan tanggal 23 September di Kota Lama, Semarang.

Total ada 90 UKM yang hadir di Festival Bogasari 2023 yang digelar di tiga kota tersebut. Di antaranya ada Nederland Bakery Cirebon, Citra Rasa Kue Majalengka, Hisana Fried Chicken, Twin Bakery & Cake, Dapur Ceu Edoh (Jajanan Pasar), Pangsit Cinuy, Pandawa Kulit Lumpia, Martabak IKTS Semarang, Martabak Pelangi Semarang, Papa Cookies Bantul, Dewi Cakra Zuppa Soup Bantul, Mie Ayam Hijau Spirulina Yogyakarta, Malika Kebab, dan masih banyak lagi.

“Melalui acara ini kami para UKM merasa terinspirasi untuk menjadi pengusaha yang lebih baik. Tidak hanya dipromosikan langsung kepada masyarakat tapi juga berkesempatan mencari ide kreatif dari produk sesama UKM yang hadir di acara. Secara keseluruhan acara sangat berkesan, apalagi saart Chef Nicky Tirta hadir berkeliling ke beberapa stan. Sangat berkesan sekali pokoknya. Semoga acara seperti ini bisa terus diadakan ole Bogasari,” ujar Eriyanto Eko Saputro, pemilik Papa Cookies Bantul.

Secara keseluruhan acara dimulai dengan senam bersama sebagai bagian dari ajakan Bogasari kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga. Para pengunjung festival juga akan dihibur dengan penampilan siswa dan band lokal. Sebagai inspirasi, ada baking demo makanan hasil olahan tepung terigu dengan produk pertanian daerah setempat.

Untuk wilayah Kuningan, disajikan Lukumades Ubi Ungu, Cupcake Tape Ketan Hijau. Di Yogyakarta Brownies Choco Cassava, dan Semarang Kentang Kribo dan Banana Cupcake. Selebriti chef Nicky Tirta yang juga mendemokan kreasi tepung terigu dengan hasil pertanian lokal.

“Ini adalah wujud nyata komitmen kemitraan Bogasari yakni tumbuh bersama UKM dengan memanfaatkan hasil pertanian daerah sebagai kearifan lokal. Makanya Festival Bogasari 2023 ini diharapkan bisa memicu kreativitas UKM dalam mengolaborasikan tepung terigu dengan hasil pertanian lokal setiap daerah, sehingga produknya bisa menjadi oleh-oleh khas daerah,” ujar Andriana.

Festival Bogasari ini didukung penuh Bank DKI, Bank Mandiri, produk grup Indofood selain Bogasari yakni, Bumbu Racik Indofood, Club, La Fonte, Mie Telur Cap 3 Ayam, dan Sarimi yang membuka stan penjualan selama acara berlangsung. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tinggalkan jejakmu dengan menulis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image