Dua Perguruan Tinggi dan Ambarrukmo Grup Wujudkan Agrotourism

Info Kampus  
Naskah kerjasama dua perguruan tinggi, Ambarrukmo Group, dan tiga kalurahan. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dua perguruan tinggi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) AMPTA Yogyakarta menggandeng Ambarrukmo Grup untuk mewujudkan pariwisata agrotourism. Jumat (22/9/2023), nota kerjasama program pengembangan Ambarrukmo Agridaya dan Agrotourism ditandatangani. Ada tiga kalurahan yang bakal menjadi sasaran yaitu Kalurahan Pacarejo, Gunungkidul; Kalurahan Tamanmartani, Sleman; dan Kalurahan Bangunkerto, Sleman.

Penandatanganan nota kerjasama ini dihadiri Ketua Pelaksana Program Ambarrukmo Agridaya, Desideria Cempaka Wijaya Murti, Dekan FISIP UAJY Dr Veronica Sundari Handoko; Managing Director Ambarrukmo Group, Haris Susanto, dan Ketua STP Ampta Yogyakarta, Prihatno. Termasuk juga dihadiri masing-masing perwakilan kalurahan yakni Lurah Pacarejo, Suhadi; Lurah Bangunkerto, Anas Makruf; serta Lurah Tamanmartani yang diwakili Kasi Kamituwa Awan Parades Parasteka.

BACA JUGA : Fakultas Pertanian UGM Konservasi Air di Agrowisata Gunung Gambar

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Pelaksana Program Ambarrukmo Agridaya, Desideria Cempaka Wijaya Murti mengatakan salah satu tujuan kerjasama ini meningkatkan taraf hidup masyarakat kalurahan. Caranya, mengoptimalisasi hasil/produksi yang ada di desanya melalui sektor agridaya.

Lebih lanjut Desideria Cempaka Wijaya Murti mengatakan terpilihnya tiga kalurahan tersebut telah melalui proses panjang. Pemilihan diawali dengan survei ke beberapa kalurahan di DIY, focus group discussion, hingga pada akhirnya terpilih tiga kalurahan yang notabene memiliki komoditi dan sumber daya yang sesuai dengan program kerja Ambarrukmo Agridaya.

“Kami selaku akademisi dan pelaksana program, menilai bahwa kalurahan dengan segala potensinya, masih terus dapat dikembangkan secara maksimal. Selain itu, kami bermitra dengan Ambarrukmo dan Ampta karena masing-masing dapat memainkan peran sesuai kapasitas masing-masing,” kata Desideria.

BACA JUGA : KKN PPM UGM Bantu Kembangkan Agrowisata dan Kopi Samosir

Dekan FISIP UAJY Dr Veronica Sundari Handoko menambahkan sudah saatnya mahasiswa dapat berkontribusi dengan terjun langsung ke masyarakat. “Mahasiswa tidak hanya berkutat pada urusan kampus dan menara gading saja. Ilmu mereka juga harus dapat bermanfaat untuk dapat membangun masyarakat di sekitarnya,”kata Sundari.

Sef\dang Managing Director Ambarrukmo Group, Haris Susanto, menekankan \program ini sejalan dengan company culture Ambarrukmo Group sebagai The Gateway of Java. “Ambarrukmo menilai bahwa kami sebagai salah satu grup properti di Jogja, dapat memberikan kontribusi terkait dengan pengembangan agrotourism khususnya di kalurahan," kata Haris Susanto.

Di sisi lain, tambah Haris, kerjasama ini merupakan starting point menuju perwujudan konsep pariwisata berkelanjutan. "Jadi sama sekali tidak ada tendensi untuk memperluas properti kami di kalurahan pun demikian untuk kepentingan lain,” kata Haris.

BACA JUGA : UGM dan Pemkab Serang Kolaborasi Bangkitkan Wisata Religi Tanara, Ini Potensinya

Haris menambahkan, ditilik dari sejarahnya, sejatinya, komplek Ambarrukmo telah berusia sekitar dua abad yang selanjutnya dikembangkan sesuai prinsip pariwisata berkelanjutan di DIY. “Kami berharap keberlangsungan kami masih ada 100 tahun atau lebih ke depan dan akan semakin banyak sumbangsih kami yang dapat sejalan dengan program-program di tingkat desa,” katanya.

Sementara Ketua STP Ampta Yogyakarta, Prihatno, mengatakan pihaknya sebagai institusi pendidikan pariwisata di Yogyakarta, menyambut baik dengan adanya keterbukaan dan kerjasama saling-silang dari ranah akademisi, pemerintah desa, pun stakeholder. “Kolaborasi luar biasa ini semoga dapat kita kelola bersama, perlu inovasi dan evaluasi ke depan agar kerja sama yang dilakukan, impact yang ada bisa benar-benar berpengaruh sesuai kebutuhan desa,” kata Prihatno.

Sementara Kasi Kamituwa Kalurahan Tamanmartani, Awan Parades Parasteka berharap agar kerja sama ini merupakan bentuk perwujudan pentahelix serta sejalan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY yakni melakukan reformasi kalurahan. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ke depan perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut terkait teknis pelaksanaan supaya program bisa berjalan dengan maksimal,” kata Awan Parades. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi di Kawah Sikidang Dieng

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image