Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Menteri Pertanian Serahkan Bibit Pisang Kepok Tanjung buat Petani Pandeglang

Info Terkini | Thursday, 21 Sep 2023, 17:05 WIB

Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyerahkan bantuan ribu-an batang bibit pisang untuk empat pemerintah daerah (Pemda) diacara satu tahun Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementan RI yang dipusatkan di Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Bioteknogi dan Sumber daya Genetik Pertanian (BSIP Biogen) Cimanggu Bogor, pagi tadi.

Salah satu Kabupaten yang menerima bantuan tersebut adalah Pandeglang. Bantuan tersebut diserahkan langsung Menteri Pertanian RI Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H yang diterima secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP di Bogor, Kamis (21/09/2023).

Menteri Pertanian secara simbolis menyerahkan bantuan bibit pisang kepada Kepala DPKP Pandeglang di Bogor Kamis 21 September 2023 (Foto : DPKP Pandeglang)

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Nasir mengatakan, dirinya telah menerima Bantuan Bibit Pisang Kepok Tanjung sebanyak 1.000 batang yang siap tanam. Bantuan tersebut diperuntukan bagi gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Cimanuk Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang.

“Ini sesuai janji Pak Menteri Pertanian saat melaksanakan gerakan nasional (Gernas) tanam padi mengantisipasi Efek El Nino di Desa Cimanuk Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang beberapa waktu lalu,” katanya melalui pesan singkat.

Menurutnya, bantuan ini membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pandeglang. Terlebih saat musin kemarau panjang, salah satu tanaman yang cocok ditanam adalah pohon pisang.

Selain ketahanan terhadap di musim kemarau, lanjut Nasir,menanam pohon pisang relatif tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk pemupukan. Karena itu, ia optimistis tanaman pisang akan berkembang di Desa Cimanuk, Kabupaten Pandeglang.

“Alhamdulillah bantuan bibit pisang sudah diserahkan, Hand traktor sudah, tinggal bibit kelapa yang dalam proses. Semoga dalam waktu dekat akan dipenuhi juga, Aamiin,” ungkapnya.

Dirinya, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, mewakili Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan bibit unggul Pisang Kepok Tanjung , yang merupakan inovasi dari BSIP Kementan RI

“Semoga ini menjadi motivasi bagi para petani dan masyarakat Pandeglang, khususnya Desa Cimanuk untuk dapat menanam pisang ini dan menjadi sentra Pisang Kepok Tanjung dan menjadi unggulan nasional,” harapnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image