Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Kenapa Pekerjaan Lepas Cocok untuk Mahasiswa?

Bisnis | Thursday, 21 Sep 2023, 14:34 WIB
Pencari kerja melihat lowongan pekerjaan. Foto: ANTARA via republika.co.id.

WALAU Bumi yang kita tinggali ini benar-benar bulat, teknologi saat ini telah membuatnya seolah datar dan tanpa batas. Sekat-sekat geografis sekarang ini nyaris sirna.

Pertukaran informasi demikian cepat. Apa yang sedang terjadi di belahan Bumi lain dapat langsung kita ketahui pada saat ini juga. Begitu pula sebaliknya.

Dalam hal tugas pekerjaan, orang sekarang dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja. Istilah kerennyawork from anywhere and anytime. Kantor maupun mitra kerja bisa saja berada nun jauh di belahan utara Bumi, sementara kita menyelesaikan tugas dan proyek pekerjaan dari sebuah kafe yang berada di belahan selatan Bumi. Banyak bidang pekerjaan sekarang yang memungkinkan dikerjakan secara remote, dengan bantuan teknologi.

Orang bekerja tidak harus selalu mengikuti pola 8-4 (masuk kantor pukul 08.00 pagi dan pulang pukul 04.00 petang), dari Senin sampai Jumat, yang bisa sangat menjemukan. Di masa kini, bekerja dapat dilakukan sambil liburan dan liburan dapat saja sambil bekerja.

Adapun dalam hal mendapatkan pekerjaan, di era digital sekarang ini, para pencari kerja ikut terbantu dengan kehadiran berbagai situs web maupun aplikasi penyedia kerja, yang membantu para pencari kerja terhubung dengan kalangan bisnis dan klien yang membutuhkan tenaga kerja untuk bidang-bidang tertentu.

Adanya transformasi digital dan digitalisasi yang menyentuh berbagai bidang kehidupan bukan hanya telah kian memudahkan kita melakukan beragam aktivitas pekerjaan dalam keseharian kita, tetapi juga semakin memudahkan kita mendapatkan bidang pekerjaan.

Penghasilan sampingan

Salah satu jenis pekerjaan yang di era digital ini cukup melimpah adalah jenis pekerjaan lepas. Pekerjaan lepas sangat cocok bagi mereka yang tak ingin terikat dengan rutinitas kerja kantoran yang ditandai dengan adanya sistem ikatan kerja yang sangat lama.

Begitu juga bagi mereka yang memiliki aktivitas-aktivitas lain namun kepingin mendapatkan penghasilan sampingan, atau juga menambah pengalaman maupun memperluas jejaring bisnis, pekerjaan lepas sangat cocok ditekuni. Misalnya saja, bagi para pelajar maupun mahasiswa. Di sela-sela rutinitas sekolah maupun ngampus, pelajar atau mahasiswa dapat nyambi bekerja secara lepas dengan jalan menyelesaikan satu atau dua proyek pekerjaan.

Salah satu keuntungan terbesar dari bekerja secara lepas adalah mendapatkan kebebasan memilih jenis pekerjaan berdasarkan passion dan juga kebebasan untuk bekerja kapan saja dan dari mana saja, sepanjang pekerjaan yang jadi tanggungjawab kita dilakukan dengan baik dan tepat waktu.

Dibantu situs web

Untuk mendapatkan pekerjaan lepas dapat dimulai dengan jalan membuat list atau daftar keahlian yang kalian miliki dan proyek pekerjaan yang pernah kalian lakukan sebelumnya -- jika itu ada.

Lalu, pertimbangkan, kira-kira item-item mana saja yang ada dalam daftar yang paling kalian kuasai dan kalian minati. Dari situlah kemudian kalian dapat mencoba hunting sejumlah pekerjaan lepas yang mungkin saja sedang tersedia dan sekaligus menawarkan keahlian kalian.

Sekarang ini, banyak situs web dan aplikasi khusus yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin atau berminat bekerja secara lepas.

Sebut salah satunya adalah Upwork, yang berbasis diSan Francisco, Amerika Serikat. Lewat Upwork, kaliandibantu untuk terhubung dengan kalangan bisnis dan klien yang sedang mencari pekerja freelance di berbagai bidang, mencakup antara lain IT, pemasaran dan penjualan, administrasi, teknik, arsitektur, desain dan ekonomi kreatif, keuangan serta hukum.

Dari dalam negeri, ada Projects, situs web yang lumayan terkenal di kalangan para freelancer Indonesia. Lewat Projects, kalian dapat menemukan banyak proyek pekerjaan lepas, dalam bidang-bidang seperti pemograman, desain grafis, editing video maupun audio, penulis konten dan pekerjaan-pekerjaan kreatif lainnya.

Di samping membantu kalian mendapatkan pekerjaan freelance, Projects juga membantu kalian mengembangkan bisnis. Pasalnya, situs web ini menyediakan kanal khusus untuk transaksi jual beli produk-produk digital, seperti e-book, desain grafis, video, aplikasi, game, stock foto, maupun script dan template desain web.

Jadi, jika kalian memiliki produk-produk digital, kalian dapat pula menawarikannya lewat Projets.

Personal branding

Selain membangun jejaring, salah satu kunci sukses untuk menjadi pekerja lepas yaitu memiliki personal branding yang kuat. Personal branding adalah prosesbagaimana kalian membentuk persepsi orang lain terhadap kemampuan atau keahlian profesional yang kalian miliki. Ini tentu sangat penting untuk menopang karir, pekerjaan maupun bisnis. Maka, peningkatanpersonal branding perlu terus diupayakan.

Oleh sebab itu, selain membuat akun di situs-situs penyedia pekerjaan lepas, membangun situs web pribadi dan membuat akun di situs media sosial macam LinkedIn perlu juga dilakukan. Dengan begitu, bukan hanya kalian dapat terhubung dengan kalangan bisnis dan klien yang lebih luas, tetapi juga semakin memperkuat personal branding kalian.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image