Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah 7 Metode Transfer File dari Android ke PC

Teknologi | Thursday, 21 Sep 2023, 09:31 WIB
7 Metode transfer file (SSDarindo/MUO)

Anda memiliki sejumlah foto monumental di ponsel atau tablet Android dan merasa perlu memindahkannya ke PC. Namun, bagaimana cara melakukannya?

Anda memiliki beberapa opsi, seperti kabel, perangkat lunak cloud, dan aplikasi. Sederhananya, mentransfer file dari Android ke PC Windows tidaklah sulit. Melansir dari MUO, inilah 7 metode memindahkan file dari ponsel Android ke PC.

1. Menyalin File Menggunakan Berbagi

Metode yang paling mudah untuk berbagi file (seperti foto, video, dan bahkan aplikasi) antara perangkat Android, Chromebook, dan perangkat Windows adalah dengan memanfaatkan fitur Nearby Share atau Berbagi Di Sekitar Google. Fitur ini dapat digunakan secara daring dan luring. Anda memiliki opsi untuk memilih siapa saja yang dapat berbagi konten dengan Anda dan mengontrol visibilitas perangkat Anda.

Untuk menggunakan Nearby Share, pastikan perangkat Anda berjalan di Android 6.0 atau lebih tinggi, dengan Bluetooth dan layanan lokasi yang diaktifkan.

a. Instal Berbagi Di Sekitar untuk Windows, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyiapkannya di PC Anda

b. Aktifkan Berbagi Di Sekitar di pengaturan perangkat Android Anda.

c. Setelah selesai, cari konten yang ingin Anda bagikan dan ketuk ikon bagikan; Anda akan menemukan Berbagi Di Sekitar sebagai salah satu opsi yang tersedia.

d. Ketuk Berbagi Di Sekitar dan pilih PC Windows Anda.

e. Klik Terima pada PC Anda untuk menyimpan file.

2 Gambar

Tutup

2. Mentransfer Dari Android ke PC Dengan Transfer File Bluetooth

Apakah Bluetooth diaktifkan di PC Anda? Mungkin Anda memiliki dongle USB Bluetooth, atau perangkat Anda memiliki Bluetooth bawaan. Apa pun itu, mengirim data melalui transfer file Bluetooth dari Android ke Windows adalah pilihan yang baik, terutama untuk file yang lebih kecil.

Untuk memulai, Anda harus mengaktifkan Bluetooth, pertama di Windows, kemudian di Android. Untuk mengaktifkan Bluetooth di Windows:

a. Tekan tombol Win + I bersamaan untuk membuka aplikasi Pengaturan.

b. Pada Pengaturan, klik Bluetooth & perangkat lain di panel kiri.

c. Alihkan Bluetooth ke Aktif.

d. Klik Tambah perangkat Bluetooth.

e. Pilih Bluetooth lagi untuk memindai perangkat yang kompatibel.

Sementara itu, aktifkan Bluetooth pada Android:

· Usap ke bawah dari atas untuk membuka Pengaturan cepat.

· Ketuk lama Bluetooth.

· Pada layar berikutnya, ketuk nama PC Anda di bawah Perangkat yang tersedia.

Saat diminta, konfirmasikan pemasangan (Pasangkan pada Android, Ya pada Windows).

3 Gambar

Tutup

Setelah pemasangan selesai, komputer akan menampilkan pemberitahuan Device Ready (Perangkat Siap). Setelah koneksi dibuat, cari ikon Bluetooth di Baki Sistem di sudut kanan bawah desktop Anda. Klik kanan dan pilih Terima file, lalu klik Berikutnya untuk memulai transfer.

Sementara itu, gunakan peramban file Android atau aplikasi Galeri untuk memilih file yang ingin Anda transfer. Gunakan tombol Bagikan, pilih Bluetooth untuk berbagi data, lalu pilih PC Anda dalam daftar berikutnya.

Setelah data ditransfer, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa transfer file telah berhasil diselesaikan. Anda akan ditanya di mana harus menyimpannya, jadi telusuri tujuan yang Anda inginkan dan klik Selesai.

3. Berbagi File Dari Android ke PC Dengan AirDroid

AirDroid adalah aplikasi penting untuk semua pengguna Android. Aplikasi ini gratis dengan langganan premium opsional. Anda perlu membuat akun, atau masuk menggunakan Google, Facebook, atau Twitter jika Anda tidak punya banyak waktu. AirDroid menawarkan alat notifikasi dan penambatan serta transfer file sederhana ke komputer di jaringan Wi-Fi yang sama. Anda harus menginstal ini sebelum melanjutkan.

Setelah Anda selesai melakukannya, buka halaman unduhan AirDroid, ambil klien desktop, dan instal. Selanjutnya, konfigurasikan AirDroid untuk berbagi file.

· Buka aplikasi seluler AirDroid dan daftar.

· Ketika AirDroid meminta izin untuk mengakses dan mengelola semua file di perangkat Anda, ketuk Lanjutkan dan aktifkan Izinkan akses untuk mengelola semua file.

· Ketuk OK untuk melihat berbagai Fitur Keamanan & Jarak Jauh.

· Untuk mengaktifkan transfer file ke PC, buka Fitur Keamanan & Jarak Jauh dan centang File diatur ke Aktif.

3 Gambar

Tutup

Jika Anda tidak diminta untuk masuk, pilih salah satu ikon atau menu untuk meminta detail Anda. Untuk mentransfer file dari ponsel ke PC dengan AirDroid:

a. Pastikan PC dan ponsel terhubung ke jaringan yang sama.

b. Pada tab Transfer AirDroid, pilih nama PC Anda.

c. Ketuk ikon penjepit kertas untuk menelusuri data yang akan ditransfer.

d. Setelah file dipilih, ketuk Kirim.

e. Perlu melakukan transfer file dari ponsel ke PC dengan Android? Cukup seret dan letakkan file dari desktop Anda ke klien AirDroid.

4. Berbagi File Dari Ponsel ke PC Dengan Kabel USB

Jika Anda memiliki kabel data USB yang kompatibel-lebih baik menggunakan yang asli untuk menghindari masalah-ini adalah opsi transfer file Android-ke-PC tercepat. Untuk menggunakan metode ini pada perangkat Android yang lebih lama:

a. Sambungkan kabel USB ke PC dan ponsel Anda.

b. Di Android, cari notifikasi Izinkan akses.

c. Ketuk Izinkan untuk melanjutkan.

d. Seret bayangan notifikasi ke bawah dan temukan transfer file USB diaktifkan.

e. Ketuk untuk memperluas preferensi lengkap.

f. Konfirmasikan Transfer file telah dipilih.

Pada versi Android yang lebih baru, setelah Anda menyambungkan PC dan ponsel Android:

· Tunggu hingga pop-up Gunakan USB untuk muncul.

· Ketuk Transfer file.

· Jika pop-up tidak muncul, usap ke bawah dan ketuk Sistem Android > Transfer file.

3 Gambar

Tutup

Setelah itu, balas notifikasi ke PC Anda. Pada notifikasi Windows, pilih Lihat Perangkat dan Buka File. PC Anda akan secara otomatis membuka tampilan folder penyimpanan perangkat Android Anda.

Jika tidak, buka File Explorer dan cari perangkat Android Anda di This PC. Anda dapat mengidentifikasinya dengan nama modelnya. Ketika terhubung, Anda akan dapat menelusuri konten ponsel dan menyalin data ke PC.

Perhatikan bahwa jika Anda menyambungkan perangkat ini untuk pertama kalinya, Windows akan mencoba menginstal driver yang relevan terlebih dahulu. Ponsel Anda juga dapat menginstal pengelola file Android untuk PC Anda melalui USB agar dapat dibuka setiap kali ponsel tersambung.

Jika Anda mengalami masalah dengan hal ini, lihat panduan kami tentang cara memperbaiki ponsel Android yang tidak mau terhubung ke komputer.

5. Transfer File Dari Android ke PC Menggunakan Kartu SD

Metode dasar lain yang tidak berhubungan dengan aplikasi atau protokol jaringan nirkabel adalah menyalin data ke kartu microSD ponsel Anda. Ini adalah opsi yang sangat berguna jika Anda tidak memiliki kabel USB dan ingin tetap sederhana. Namun, Anda memerlukan adaptor kartu microSD ke SD dan pembaca kartu.

Cukup simpan file ke kartu SD ponsel Anda, lalu matikan perangkat. Keluarkan kartu, lalu masukkan ke pembaca kartu PC Anda untuk melihat data.

Jika ponsel Anda tidak memiliki slot kartu microSD, sebagian besar perangkat Android modern mendukung USB OTG. Cukup sambungkan pembaca kartu USB SD ke ponsel Anda menggunakan adaptor USB OTG. Anda juga dapat menggunakan flash drive USB-C seperti ini.

6. Cara Berbagi File Melalui Penyimpanan Cloud

Dengan layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive, Anda mungkin sudah mentransfer data ke komputer Anda tanpa menyadarinya.

Sebagai contoh, Dropbox dan Google Drive keduanya menawarkan unggahan kamera otomatis. Jika Anda memiliki klien layanan cloud yang terinstal di komputer Anda, foto akan secara otomatis disinkronkan ke PC Anda.

Fitur serupa juga tersedia pada layanan cloud lainnya. Anda dapat menyalin data apa pun ke folder cloud di perangkat Android Anda dan menyinkronkannya ke Windows.

7. Mentransfer File Kecil Menggunakan Email

Email adalah metode transfer data non-disk yang pertama kali digunakan secara ekstensif antar perangkat dan tetap menjadi pilihan yang berguna bagi banyak orang. Hal yang perlu Anda lakukan adalah melampirkan data ke email di ponsel Anda dan mengirimkannya ke diri Anda sendiri.

Kemudian di komputer Anda, akses pesan itu, dan Anda dapat mengunduh file. Cara ini cukup mudah dilakukan, tetapi kikuk, jadi sebaiknya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir. Solusi lain yang tercantum di atas lebih efektif. ***

.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image