Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fairuz Husna Aida

Hilirisasi Produk Peternakan untuk Kesejahteraan Peternak

Lainnnya | Wednesday, 20 Sep 2023, 11:52 WIB

Hilirisasi produk peternakan berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi para peternak. Melalui Kementan yang mendorong peternak untuk hilirisasi akan mengasah kreativitas para peternak untuk menciptakan suatu produk baru di lapangan. Tidak hanya memberi keuntungan pada peternak saja, hilirisasi tentu akan membawa kekuatan bagi bangsa ini.

Kemampuan peternak untuk membuat suatu produk peternakan sebagai langkah awal mewujudkan hilirisasi di bidang peternakan. Selanjutnya, bukan tentang peternak mampu menghasilkan produk dan menjualnya saja, tetapi dengan hilirisasi peternak akan terdorong untuk melakukan pemeliharaan yang maksimal bagi ternaknya. Dengan hilirisasi inilah dapat tercipta nilai tambah dari suatu produk yang dihasilkan nantinya.

sumber: pinterest

Hilirisasi Meningkatkan Pendapatan Peternak

Susu dan keju organik adalah sebagian kecil dari banyaknya contoh produk hilirisasi dari sektor peternakan. Produk-produk yang dihasilkan mampu membawa hingga ke mancanegara, bahkan berpeluang sebagai bahan ekspor ke seluruh dunia. Jika menurut data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Lokasi Pilot Project Pengembanngan Susu Organik yang ada di KPSP Setia Kawan Pasuruan, sejak adanya pengkonversian menjadi peternakan organik pada 2021 lalu, peternak memiliki target produksi di tahun 2023 mencapai 32 ribu liter susu organik segar dan akan diolah menjadi 3 ton keju organik. Dengan adanya target tersebut tentu akan meningkatkan pendapatan bagi para peternak, terlebih jika produk yang dihasilkan adalah organik atau memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari pada produk sejenis di pasaran.

Di samping secara materi dapat meningkatkan pendapatan bagi peternak, produk hilirisasi juga akan membantu keluarga peternak dalam memenuhi kebutuhan pangan bahkan hingga mencapai kemandirian pangan. Hilirisasi yang berkelanjutan akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar para peternak untuk menciptakan produk peternakan yang lebih banyak dan berkualitas. Namun, dalam menciptakan produk yang berkualitas perlu adanya pemeliharaan yang kuat dan memadai. Peternak harus lebih peka tertahap pemeliharaan hewan-hewan ternaknya agar produktif dalam menghasilkan produk ke depannya. Oleh karena itu, diperlukan pula peran pemerintah untuk terus mendampingi pembentukan hilirisasi di lapangan dari awal hingga peternak mampu untuk melanjutkan selanjutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image