Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ADE IRMA PUSPITA SARI

Pola Hidup Sehat untuk Indonesia Bebas Diabetes

Info Terkini | Saturday, 16 Sep 2023, 10:05 WIB

Pola Hidup Sehat untuk Indonesia Bebas Diabetes

oleh : Ade Irma Puspita Sari, S1 Keperawatan, Universitas Airlangga

Diabetes Melitus (DM) didefinisikan sebagai penyakit atau gangguan metabolisme kronik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme , seperti karbohidrat, lipid, dan protein akibat infusiensi fungsi insulin. Di Indonesia, penyakit Diabetes Melitus merupakan penyakit yang memiliki presentase tinggi dalam peningkatannya. Berdasarkan Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur (2021), Kota Surabaya menempati peringkat pertama dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia dengan penderita diabetes melitus sebanyak 96.280 orang. Zheng et al. (2018) dalam penelitiannya menyatakan bahwa tipe-tipe diabetes melitus beserta komplikasinya mengambil peran besar besar atas kematian dan cacat di seluruh dunia. Peningkatan kejadian diabetes mellitus ini dikarenakan self care yang tidak baik yang bisa diakibatkan karena beberapa kondisi, yaitu pengetahuan yang buruk tentang diabetes mellitus (Weledegebriel et al., 2021), kurangnya akses pelayanan kesehatan (Dedefo et al., 2019).

Beberapa penelitian ini memberikan saran untuk tenaga kesehatan memberikan edukasi tentang self care sehingga berdampak pada efikasi diri yang dapat memperbaiki manajemen self care pasien diabetes mellitus. Pola hidup sehat diyakini sebagai cara terbaik untuk mengelola dan menghindari terkenanya penyakit diabetes untuk segala usia. Pola hidup sehat berperan penting agar penderita diabetes melitus memiliki kualitas hidup yang leih baik.

Berikut adalah tips sehat bagi penyangdang diabetes:

 

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang menggunakan prinsip “Piring Makan Model T” untuk makanan utama dan mengutamakan mengonsumsi buah- buahan untuk makanan selingan.
  2. Batasi beberapa makanan berikut :

a. Makanan yang banyak gula sederhana , seperti gula pasir, gula jawa, gula aren, sirup, selai, es krim

b. Maknan yang banyak mengandung lemak , seperti makanan cepat jadi ( junk food) dan semua makanan yang diolah dengan cara digoreng.

c. Mengandung banyak natrium, seperti ikan asin dan telur asin,

3. Menetapkan jadwal makan dan olahraga dengan teratur

4. Mengonsumi obat diabetes sesuai anjuran dokter

5. Mengelola Stress

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image