Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfaiz Rayhan Azhim

Pendakian Puncak Gunung Kasumbo Momen Tingkatkan Nasionalisme dan Solidaritas Masyarakat Nagari Sung

Lainnnya | Thursday, 14 Sep 2023, 19:23 WIB

Tepat arah timur Nagari Sungayang terdapat sebuah bukit yang menjulang. Bukit itu berdiri gagah di antara barisan bukit disekitarnya. Warga kerap menyebut bukit itu sebagai gunung, yaitu Gunung Kasumbo. Gunung Kasumbo merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi Ketika mengunjungi Nagari Sungayang karena memiliki pemandangan yang indah. Panorama Gunung Marapi dan Gunung Sago memanjakan mata pengunjung dari puncak Kasumbo ini.

Gunung Kasumbo juga tempat bermain bagi masyarakat Nagari Sungayang. Karena memiliki akses yang mudah dijangkau dan dapat dilalui oleh kendaraan bermotor. Jaraknya pun hanya sekitar 2 KM dari Jalan Raya Sungayang. Oleh karena itu Puncak Gunung Kasumbo ini adalah tempat yang tepat untuk mengisi waktu di Sore Hari.

Gunung Kasumbo tidak hanya sebuah lokasi wisata. Seakan menjadi agenda tahunan, Puncak Kasumbo dijadikan sebagai lapangan upacara untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum melaksanakan upacara warga beramai-ramai membersikhkan puncak Kasumbo ini. Seperti disaksikan oleh kayu nan sabatang, Setunggal pohon di Puncak Kasumbo. Warga beramai-ramai membersihkan puncak ini dari ilalang-ilalang agar masyarakat dapat melaksanakan upacara dengan khidmat. Aksi ini merupakan wujud nyata budaya gotong royong yang dapat meningkatkan solidaritas antar masyarakat di Nagari Sungayang.

Pada Tahun 2023, Upacara Bendera ini dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2023. Saat itu Bupati Tanah Datar hadir untuk menjadi Pembina Upacara ini. Selain itu upacara ini juga dihadiri oleh seluruh Warga Nagari Sungayang beserta perangkat kecamatan dan nagari.

Upacara ini dilakukan di Puncak Kasumbo untuk mewujudkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Seperti apa yang dikatakan oleh Bupati Tanah Datar yang salut akan masyarakat Sungayang yang bersemangat untuk mendaki gunung kasumbo untuk mengikuti kegiatan upacara bendera yang dilakukan satu tahun sekali. Karena pada dasarnya untuk mendaki gunung kasumbo dengan berjalan kaki membutuhkan tenaga dan Kesehatan yang prima agar dapat mencapai puncak gunung kasumbo di Nagari Sungayang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image