Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahreza Ana

Pentingnya Mengkonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Edukasi | Saturday, 09 Sep 2023, 15:35 WIB

Syah Reza Alfiana Nuro Aini 

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Makaanan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang baik, sebagaimana artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahamam akan pentingnya mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna.

Empat Sehat Lima Sempurna merupakan kampanye yang dilaksanakan pemerintah sejak tahun 1955 untuk menyadarkan masyarakat akan kebiasaan makan yang benar. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi menjadi empat sumber gizi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan kalau bisa susu, sehingga menjadi lima sempurna. Menekankan pentingnya empat kelompok pangan sebagai sumber energi, sebagai sumber protein untuk membangun, pentingnya sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan. Tujuan pemerintah dengan kampanye ini adalah untuk meningkatkan konsumsi dan kebiasaan makan sehat masyarakat. Kampanye 4 Sehat 5 Sempurna menuai kritik karena dianggap menimbulkan kesalah pahaman di masyarakat dengan meningkatkan konsumsi lemak dan memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas fisik. Konsep ini kemudian digantikan dengan Pedoman Pola Makan Seimbang menggantikan 4 Sehat 5 Sempurna.

Makanan adalah kebutuhan manusia yang paling penting yang memungkinkan seseorang untuk hidup, tumbuh dan berpikir. Peran makanan sangat penting dalam mempengaruhi perkembangan tubuh dan pikiran. Jika kita mengonsumsi makanan yang kotor dan tidak sehat, kondisi tubuh bisa memburuk dan kita bisa jatuh sakit. Terlalu banyak makan makanan cepat saji, terutama makanan berpengawet, bisa menyebabkan kerusakan otak, lambat dalam berpikir, menghambat kemampuan berkonsentrasi dan lemah dalam mencerna informasi yang diberikan. Maka dari itu disini akan menjelaskan bagaimana mengkonsumi makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan berdasarkan konsep 4 Sehat 5 Sempurna harus mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Dalam pemilihan makanan yang sehat sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh memperkenalkan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu, dan daging. untuk menghindari makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Serta dibarengi dengan pola hidup sehat seperti olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

Berikut ini merupakan komponen-komponen yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna, yang meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu.

1. Makanan pokok

Yang pertama adalah makanan pokok. Umumnya makanan pokok di Indonesia adalah nasi, yang berasal dari beras dari tanaman padi. Selain itu, makanan pokok pengganti lain contohnya jagung, sagu, gandum, singkong atau kentang.

2. Lauk pauk

Selanjutnya adalah lauk pauk. Lauk pauk cukup penting karena mengandung banyak protein dan nutrisi lainnya yang berguna bagi kesehatan. Yang dimaksud lauk pauk ini bisa berupa daging, ikan, telur, dan lain sebagainya.

3. Sayur mayur

juga termasuk salah satu 4 sehat 5 sempurna. Sayur segar banyak mengandung vitamin, mineral, dan zat gizi yang penting, terutama di masa pertumbuhan. Jenis-jenis sayuran misalnya sayuran hijau, brokoli, wortel, kubis, dan lain sebagainya.

4. Buah-buahan

Buah-buahan juga termasuk 4 sehat 5 sempurna. Sama seperti sayur, buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Contoh buah yang banyak dikonsumsi misalnya apel, jeruk, semangka, pisang, pepaya, durian, dan mangga.

5. Susu

Penutup dari 4 sehat 5 sempurna adalah susu, yang menyempurnakan 4 komponen di atas dan dianjurkan untuk dikonsumsi juga bila mampu. Susu memiliki manfaat untuk menambah sumber energi dan meningkatkan pertumbuhan tulang.

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna kemudian digantikan oleh Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Yang harus diperhatikan dari Pedoman Gizi Seimbang ini adalah:

· Variasi makanan

· Pentingnya pola hidup bersih

· Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga

· Memantau berat badan ideal

Dan jika dikelompokkan terbagi menjadi 3 yaitu:

· Sumber energi & tenaga, misalnya seperti nasi, umbi, tepung, sagu, jagung, dan lain-lain.

· Sumber zat pengatur, misalnya seperti sayur dan buah-buahan.

· Sumber zat pembangun, misalnya seperti ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom, susu kedelai.

untuk bisa mengatur keseimbangan gizi yang didapat dari makanan, perlu diperhatikan 13 prinsip dasar, yaitu:

1. Makanlah aneka ragam makanan

2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi

3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi

4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi

5. Gunakan garam beryodium

6. Makanlah makanan sumber zat besi

7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur enam bulan

8. Biasakan sarapan pagi

9. Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya

10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur

11. Hindari minum minuman beralkohol

12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan

13. Baca label pada makanan yang dikemas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image