Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Kelas I Batu Nusakambangan

Narapidana Terorisme Lapas Batu Nusakambangan Ikrarkan Setia Kepada NKRI

Info Terkini | Thursday, 07 Sep 2023, 14:00 WIB
Ikrar NKRI Lapas Batu Nusakambangan (Foto Humas Lapas Batu)

Nusakambangan, Info_PAS – Tanpa adanya paksaan dan bujuk rayu, 1 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kasus terorisme Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan Ucapkan Ikrar Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kamis (07/09).

Turut hadir perwakilan dari Bapas, Kemenag Kabupaten Cilacap, BNPT, Densus 88, Polsek Nusakambangan, dan Kodim 0703 Cilacap.

Kegiatan diawali dengan Prosesi ikrar ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan pengucapan sumpah dan ikrar setia kepada NKRI, Pembacaan Pancasila oleh WBP, Penandatanganan pernyataan setia kepada NKRI di atas naskah bermaterai diakhiri dengan penghormatan dan mencium bendera merah putih sebagai simbol kembalinya ke pelukan NKRI.

Selanjutnya, Plh. Kalapas Batu, Haryoto dalam sambutannya menjelaskan bahwa Ikrar NKRI bertujuan sebagai bentuk implemtasi hasil akhir program deradikalisasi untuk menegaskan, bersedia kembali membangun kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Secara khusus tujuannya adalah berikrar secara tulus dan secara setia kepada NKRI dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika serta meningkatkan kesadaran Bela Negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Saya berharap penuh ikrar ini diucapkan dengan sebaik-baiknya dengan tulus dari dalam hati untuk tidak lagi melakukan tindakan yang bertentang dengan NKRI. Ikrar ini bukan hanya disaksikan oleh kita disini tetapi juga disaksikan oleh Allah SWT", ujar Haryoto.

Langkah-langkah yang telah diambil dalam melaksanakan pembinaan kepada Warga Binaan Terorisme tidak hanya dapat membuat mereka yang ada di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan untuk kembali ke pangkuan NKRI tetapi juga membuat mereka dapat kembali diterima di tengah-tengah masyarakat, juga kedepan Lapas Kelas I Batu Nusakambangan dapat tetap menjaga sinergi dan juga kolaborasi dengan aparat Penegak Hukum terkait dan stakeholder lainnya.

Diakhir sambutannya Haryoto berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga terselenggara acara ikrar NKRI dengan khidmat dan lancar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image