Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah 6 Tips Temukan Email yang Hilang di Gmail

Teknologi | Thursday, 07 Sep 2023, 08:02 WIB
Email Hilang, tak perlu cemas (MUO/SSDarindo)

Pernah membaca sebuah email namun tidak pernah menemukannya lagi di kotak masuk Gmail Anda? Entah Anda tidak sengaja menghapusnya atau Anda memeriksa di folder yang salah, ada banyak alasan mengapa Anda tidak dapat menemukan email penting. Jangan panik dan tetap tenaaang! Berikut akan dibagikan tips menemukan email yang hilang tersebut.

Dilansir dari laman MUO, inilah 6 tip menemukan email atau surel yang hilang di Gmail.

1. Periksa Folder Spam

Terkadang, email masuk ke folder Spam karena kesalahan penyaringan. Jika Anda memiliki kebiasaan membuka folder Gmail yang berbeda, kemungkinan Anda melihat email tersebut di folder Spam. Dalam kasus ini, untuk menemukan email tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah membuka folder Spam dan memindai isinya.

Jika Anda melihat email yang hilang, pastikan untuk mengklik Laporkan bukan Spam, agar email tersebut tidak teridentifikasi sebagai spam lagi. Perlu diingat bahwa email akan tetap berada di folder Spam selama 30 hari, setelah itu akan dihapus secara permanen. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memindahkan email penting ke kotak masuk dari folder Spam segera setelah Anda menemukannya.

2. Periksa Sampah

Ada kemungkinan Anda tidak sengaja menghapus email yang Anda lihat. Untuk memeriksa apakah email Anda berakhir di folder Sampah, klik Lainnya di panel kiri dan pilih Sampah. Anda kemudian dapat memindai email yang telah dihapus.

Atau, jika Anda ingat email yang hilang tersebut, Anda dapat mengetikkan kata kunci di bilah pencarian. Dengan cara ini, hanya email yang dihapus yang relevan yang akan terisi. Seperti halnya email Spam, email di folder Sampah akan dihapus secara permanen setelah 30 hari. Jadi, jika Anda menemukan email yang Anda cari, pastikan untuk memindahkannya ke kotak masuk Anda.

3. Periksa Folder Sosial dan Promosi

Email yang Anda lewatkan mungkin telah dikategorikan sebagai email sosial atau promosi. Gmail memiliki kotak masuk terpisah untuk jenis email ini, sehingga Anda tidak akan pernah melihatnya di kotak masuk utama, sehingga mudah terlewatkan.

Jika Anda ingin memeriksa apakah email yang hilang tersebut ada di kotak masuk Sosial atau Promosi, pilih tab yang sesuai (Anda akan menemukan tab ini di samping tab Utama). Jika Anda ingin memindahkan email sosial atau promosi ke kotak masuk utama, yang perlu Anda lakukan adalah menyeret email tersebut ke tab Utama.

4. Meninjau Email yang Diarsipkan

Fitur pengarsipan email Gmail dirancang untuk membantu pengguna merapikan dan mengatur kotak masuk mereka tanpa harus menghapus pesan-pesan penting. Jika Anda tidak dapat menemukan email penting di kotak masuk Anda, ada kemungkinan Anda telah mengarsipkannya. Untuk mengakses email yang diarsipkan, klik Lainnya di panel kiri dan pilih Semua Email.

Tampilan email berikutnya akan menampilkan semua email Anda, termasuk yang mungkin telah Anda arsipkan secara sengaja atau tidak sengaja. Jika Anda menemukan email yang hilang, Anda dapat memindahkannya kembali ke kotak masuk atau membiarkannya diarsipkan. Kabar baiknya, email yang diarsipkan tidak akan terhapus setelah beberapa hari.

5. Memeriksa Label Lainnya

Fitur pelabelan Gmail memungkinkan Anda untuk membuat kategori yang berbeda di luar folder Utama, Sosial, dan Promosi. Anda kemudian dapat menyeret email apa pun yang Anda inginkan dari kotak masuk utama ke label yang sesuai. Email yang dipindahkan tidak akan terlihat lagi di kotak masuk utama Anda.

Sebagai gantinya, Anda harus mengeklik label yang sesuai di panel kiri untuk melihat email ini. Untuk menemukan email yang hilang yang mungkin telah diarahkan ke label tertentu, lihat label di panel kiri dan klik masing-masing label untuk melihat semua email terkait.

6. Gunakan Fungsi Pencarian Gmail

Email yang Anda cari mungkin telah terkubur di bawah email baru di kotak masuk Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan email, cobalah mencarinya dengan memasukkan kata kunci dari teks isi, subjek, atau nama penerima atau pengirim asli di bilah pencarian Gmail di bagian atas. Dengan melakukan hal ini, biasanya akan muncul email-email yang relevan. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image