KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DAN PEMBAYARAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COV

Image
Reza Wildan
Bisnis | Thursday, 30 Dec 2021, 21:43 WIB

Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk beraktivitas di rumah, termasuk berbelanja. Saat ini belanja online sudah menjadi kegiatan yang dipilih agar tidak keluar rumah dan praktis. Hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya perubahan konsumen ke arah digital dan memanfaatkan layanan online seperti e-commerce dan media sosial. Tak hanya dirasakan oleh kalangan ibu rumah tangga dan pekerja, mahasiswa pun merasakan dampaknya. Mahasiswa dinilai sebagai konsumen paling aktif dalam kegiatan transaksi online dan mampu beradaptasi dengan baik. Selain digunakan sebagai platform untuk belanja, mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai platform yang dapat menghasilkan. Penawaran dan fitur yang diberikan baik dari ecommerce maupun media sosial mampu menarik konsumen dan akhirnya mempercayakan layanan online tersebut untuk terus digunakan.Masa pandemi saat ini, hampir semua yang kita perlukan baik kebutuhan primer atau sekunder dapat kita penuhi dari layanan online. Namun tidak dipungkiri bahwa layanan offline seperti pasar masih diminati oleh masyarakat. Pada saat ini layanan online mulai diminati dibanding layanan offline, padahal sama-sama dapat menyediakan kebutuhan kita. Hal tersebut dikarenakan saat ini manusia ingin hidup lebih praktis, mendapatkan pelayanan yang cepat dan tersedianya produk yang dibutuhkan, serta terjadi situasi pandemi saat ini yang membuat semua hal harus dikerjakan dari rumah.Di era digital sekarang ini meskipun sebelum adanya wabah covid pun para produsen lebih suka menjual danganannya lewat sosial media karena mudah menarik pelanggan dengan gambar yang di sajikan penjual yang kelihatan menjanjikan jadi tidak hanya kalangan muda saja yang bisa bergelut di media sosia sepeeti contoh sekarang ini yaitu ibu-ibu aktif maupuan bapak-bapak eksis sejarang sudah lihai memainkan media sosialnya jadi di bisa punya suatu ide untu membuka usaha online disana dan kaum muda bisa mencari barang mereka inginkan dengan midah dengan harga yang terjangkau dan relatife murah dan juga mereka juga transaki dengan e-money yang di sediakan oleh platfrom e-walllet yang akan memudahkan mereka bertransaksi nontunai tanpa membawa kartu ATM.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

TINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL WBP DENGAN PELATIHAN

Image

Bagaimana Cara Kerja Layanan Verifikasi SMS?

Image

Tingkatkan Pelayanan dan Pembinaan, Lapas Banyuasin Terima Monev dari Divipas Sumsel

Image

Pemikiran Fikih Ekonomi Syariah Ahmad Azhar Basyir

Image

Semenit yang Dahsyat

Image

BSN Gandeng UMS, Tingkatkan Kesadaran Produk Ber-SNI

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image