Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Diana Titi Anggunawati

IELTS dan TOEFL, Harus Ambil yang Mana?

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 02 Sep 2023, 09:18 WIB
Perbedaan IELTS dan TOEFL

Memiliki kemampuan bahasa Inggris adalah hal yang sangat penting di zaman sekarang ini. Pasalnya, fasih berbahasa Inggris sudah menjadi sebuah requirement yang harus dipenuhi di berbagai bidang, seperti syarat untuk lulus kuliah dan syarat untuk melamar kerja.

Untuk bisa memenuhi requirement tersebut, kamu harus mengambil tes kemampuan bahasa Inggris. Di antara tes kemampuan bahasa Inggris yang terkenal di Indonesia adala IELTS dan TOEFL.

Walaupun keduanya sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu mengukur kemampuan bahasa Inggris, kamu perlu tahu perbedaan IELTS dan TOEFL yang postingan ini kutip dari website Cappuccino English.

 

  1. TOEFL adalah tes untuk menguji kemampuan American English, sedangkan IELTS adalah tes untuk menguji kemampuan British English.
  2. Pada TOEFL, kamu akan diuji kemampuan listening, structure & written expression, reading comprehension, dan test of written english. Sedangkan pada IELTS, kamu akan diuji kemampuan writing, listening, reading, dan speaking.
  3. TOEFL biasanya digunakan untuk syarat lulus/lanjut studi di negara Amerika Serikat, Canada, dan sekitarnya. Sedangkan IELTS biasanya digunakan untuk syarat lanjut studi di negara UK, Selandian Baru, Australia, dan lainnya.
  4. Dari segi biaya, TOEFL lebih murah dari IELTS. Untuk mengambil tes TOEFL, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 400.000-600.000, sedangkan untuk mengambil tes IELTS, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 2 juta - 3 juta.
  5. Walaupun sama-sama diakui sebagai tes untuk menilai kemampuan bahasa Inggris, namun pada praktiknya, TOEFL leih diakui di Amerika Serikat sedangkan IELTS lebih diakui di UK.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan TOEFL dan IELTS. Pilihlah jenis tes yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image