Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdul Haris

Tips Menghadapi Cuaca Panas di Makkah dan Madinah

Wisata | Friday, 25 Aug 2023, 20:18 WIB

Melaksanakan ibadah umrah pada saat ini tentunya akan berhadapan dengan musim panas yang terjadi di Tanah Suci.

Musim panas di sana mencapai suhu 45 derajat Celcius dengan udara panas dan berdebu. Hal semacam ini tentu akan memicu dehidrasi, kepala pusing, kepanasan dan kulit kering sehingga jika tidak kuat bisa menyebabkan jatuh sakit. Demikian disampaikan oleh Ibu Edoh Purnamasari, wanita pengusaha sekaligus pemilik perusahaan travel penyelenggara umrah dan haji PT. Langit Haramain Wisata.

Ibu Edoh menambahkan bahwa untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan para jamaah umroh mempersiapkan diri sejak sebelum berangkat ke Tanah Suci. Berikut ini beberapa tips, yang disampaikan oleh Ibu Edoh Purnamasari, Direktur Utama PT. Langit Haramain Wisata, yang perlu dipersiapkan agar ibadah umrah Anda tetap fit dan tampil segar saat menghadapi cuaca panas saat melakukan ibadah Umrah:

1. Pilih pakaian yang tepat:

Saat menghadapi cuaca panas, pilihlah pakaian yang longgar, ringan, dan berbahan breathable seperti kain katun. Hindari pakaian yang terlalu ketat atau berbahan sintetis karena bisa meningkatkan rasa panas dan ketidaknyamanan.

2. Gunakan pelindung matahari.

Jangan lupa untuk melindungi diri Anda dari sinar matahari yang terik. Gunakan topi atau kerudung yang dapat melindungi kepala dan wajah dari paparan langsung matahari. Juga selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi untuk melindungi kulit Anda dari sengatan sinar ultraviolet.

3. Minum air yang cukup

Penting untuk tetap terhidrasi saat cuaca panas. Pastikan Anda minum air dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Bawa botol minum yang dapat diisi ulang saat melakukan perjalanan untuk memastikan Anda selalu memiliki air yang cukup.

4. Hindari berpergian di waktu terik.

Usahakan untuk menghindari kegiatan di luar ruangan saat cuaca sedang sangat panas, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Lakukan aktivitas seperti tawaf dan sa'i di waktu-waktu yang sedikit lebih sejuk seperti pagi atau malam hari.

5. Gunakan perlengkapan penyejuk.

Bawa perlengkapan penyejuk seperti kipas angin pribadi atau kain khusus yang dapat diisi air dan digunakan untuk mengusap wajah dan leher. Ini dapat memberikan sensasi penyejuk dan memberikan kenyamanan saat cuaca panas.

6. Istirahat yang cukup.

Jaga kesehatan Anda dengan istirahat yang cukup dan hindari terlalu banyak beraktivitas saat cuaca panas. Jika merasa lelah atau kelelahan, cari tempat yang teduh dan istirahat sejenak.

7. Perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Hindari makanan berat dan berlemak yang dapat meningkatkan rasa panas dalam tubuh. Pilihlah makanan yang segar, ringan, dan mengandung banyak air seperti buah-buahan dan sayuran. Juga hindari makanan atau minuman yang terlalu dingin karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Di sela-sela kegiatan Ibu Edoh Purnamasari yang saat ini sedang membimbing jamaah umroh PT. Langit Haramain Wisata, beliau pun mengingatkan baik para jamaah unroh maupun para calon jamaah umroh untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh Anda dan dengarkan sinyal-sinyal yang diberikan. Jika merasa tidak nyaman atau mengalami gejala panas yang berlebihan seperti kelelahan yang parah atau pusing yang berlebihan, segeralah beristirahat atau segera cari bantuan medis.

Demikian tips dari Ibu Edoh Purnamasari, direktur utama perusahaan travel penyelenggara umroh dan haji PT. Langit Haramain Wisata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image