Peran Masyarakat Sangat Penting dalam Pemilu

Image
Ryan Andana
Politik | Thursday, 30 Dec 2021, 11:56 WIB
Sumber : Pixabay

Negara Indonesia ini merupakan negara yang demokratis yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak di Asia .Oleh karena itu, dalam setiap pengambilan kebijakan dibutuhkannya peran dari masyarakat dalam memberikan aspirasi kepada pemerintah. Di Indonesia, masyarakat merupakan tokoh utama dalam perkembangan dan pengembangan di sebuah negara demokrasi dan memiliki peranan yang sangat penting.

Salah satu peranan masyarakat dalam negara demokrasi adalah partisipasi masyarakat dalam kegiatan politik. Masyarakat Indonesia memiliki peran yang sangat kuat dalam proses pemilihan lembaga eksekutif dan legislatif baik di pemerintah pusat maupun daerah.

Dalam proses pemilihan lembaga eksekutif dan legislatif baik di pemerintah pusat maupun daerah, negara Indonesia mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) sebagai sarana demokrasi untuk memilih calon pemimpin yang diharapkan akan membawa perubahan yang lebih baik untuk negara ini. Pemilihan Umum (Pemilu) telah digunakan di sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia, yang notabenenya masyarakat yang heterogen. Masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi adalah komponen penentu berhasil atau tidaknya pelaksanaan pemilu. Karena pada dasarnya hanya kekuatan pemilihan masyarakatlah yang bisa menentukan nasib negara dan bangsa kedepan.

Setiap warga negara, apapun latar belakangnya seperti suku, agama, ras, jenis kelamin, status sosial, dan golongan, mereka memiliki hak yang sama untuk menyatakan pendapat, menyikapi secara kritis kebijakan pemerintah dan pejabat negara. Hak ini disebut hak politik yang secara luas dapat langsung diaplikasikan secara kongkrit melalui pemilihan umum.Pemilu merupakan implementasi dari demokrasi dimana diperlukan adannya rakyat dan secara langsung diikutsertakan didalam menentukan arah dan kebijakan politik negara.

Pemilu merupakan sarana pengamalan demokrasi, dapat diartikan tidak ada demokrasi tanpa pemilu dan tidak adannya pemilu tanpa rakyat. Walaupun begitu, pemilu bukanlah tujuan utama, akan tetapi hanya sebagai sarana untuk memilih anggota parlemen dan pemimpin eksekutif di pusat dan daerah.

Masyarakat Indonesia semakin banyak yang memiliki kesadaran dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), yang menunjukan semakin kuatnya tatanan demokrasi dalam sebuah negara. Dalam berdemokrasi, keterlibatan rakyat dalam setiap penyelenggaraan yang dilakukan negara adalah sebuah kewajiban (keharusan yang tidak bisa tidak).

Adapun tujuan diadakannya Pemilihan Umum (Pemilu) :

1. Tujuan pemilu untuk melaksanakan kedaulatan rakyat

2. Tujuan pemilu sebagai perwujudan hak asasi politik rakyat

3. Tujuan Pemilu untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di DPR, DPD dan DPRD, serta memilih Presiden dan Wakil Presiden

4. Tujuan Pemilu untuk melaksanakan pergantian personal pemerintahan secara damai, aman, dan tertib (secara konstitusional).

5. Tujuan pemilu untuk menjamin kesinambungan pembangunan nasional.

Dengan demikian, sebagai masyarakat yang baik diwajibkan untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan politik yaitu, pemilihan umum menjadi salah satu wujud kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan politik.Terima kasih....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

mahasiswa S1-Akutansi di Universitas Al-Azhar Indonesia

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Yuk Main Ke Candi Geneng, Situs Pertirtaan Yang Diduga Peninggalan Kerajaan Kadiri

Image

Teks Ulasan (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Image

Kembali Bahagia, Komedian Vico Bean Pamerkan Potret Keluarga Kecilnya

Image

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Kalapas Ajak Untuk Bangkit Bersama

Image

Pangeran Benowo Cucu Raden Fatah dan Makamnya di Jombang Jawa Timur

Image

Wahai Umat Islam Jangan Takut Berorganisasi/Bertandzim

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image