Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofwatin Nikmah

Dampak Sosial Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Anak-Anak

Teknologi | 2021-12-30 11:01:23

Tiktok merupakan media sosial atau jaringan sosial yang sedang trending, sehingga baik buruknya Tiktok dapat mempengaruhi Anak-anak. Adapun salah satunya adalah sebagai eksistensi dalam penggunaan Tiktok. Tiktok juga bisa mempengaruhi Anak-anak, karena konten-konten didalam aplikasi Tiktok itu ia memperlihatkan sebuah konten yang kebanyakan isinya tentang orang-orang yang tidak bisa dikatakan kurang adanya rasa malu, karena di konten-konten Tiktok tersebut kebanyakan kontennya itu video-video yang memperlihatkan tentang gayanya dari Zaman Modern. Sehingga dari Zaman Modern menampilkan hal seperti itu dan juga ada konten-konten yang tidak sesuai dengan konten yang sebenarnya.

Media Tiktok saat ini sebuah media untuk menyampaikan informasi, penggunaan media Tiktok sangat berpengaruh bagi Anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Dalam aplikasi media Tiktok saat ini menjadi trending di kalangan Anak-anak yaitu dengan media Tiktok. Dan Anak-anak sekarang sangat menyukai media Tiktok yang didalamnya terdapat video-video yang menarik. Sehingga Anak-anak bisa mengikuti gaya video yang ada, tetapi di sisi lain orang tua sangat takut atau khawatir terhadap anaknya, Demikian video yang ditampilkan di media Tiktok.

Media aplikasi Tiktok membuat Anak-anak, yang penasaran dengan hal yang ada di video tersebut tetapi Anak-anak tetap menirukan gaya video yang ada. Sehingga membuat hati Anak-anak terasa senang bisa menirukan gaya dan menampilkan video yang unik serta menarik, hal ini bisa dirasakan oleh kalangan masyarakat yang menyukai media Tiktok. Selain itu juga media Tiktok bisa menambah wawasan atau pengetahuan bagi Anak-anak, agar tidak mudah stres.

Di media Tiktok tersebut banyak orang-orang yang kretif dalam menampilkan video yang unik dan menarik, seperti video video lucu, video untuk olahraga, video inspirasi dan masih banyak video yang lainnya. Media massa tiktok ini menjadi media terlaris sejak pertama kali muncul para penggunaannya pun banyak. Mulai dari kalangan Anak-anak, Masyarakat kini banyak yang mengikuti gaya atau tren yang ada di Media Tiktok, karena untuk media hiburan atau bisa katakan dengan media pelampiasan bagi Anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Dengan adanya aplikasi Tiktok kini orang-orang tidak mudah bosan apalagi di masa pandemi ini, bisa membuat hobi tersendiri bagi yang menirukan gaya atau konten yang ada.

Anak-anak kini menjadi orang yang kreatif dalam membuat atau menirukan gaya yang ada di media Tiktok, sehingga nantinya bisa mengikuti lomba atau acara apa yang bersangkutan dengan media Tiktok. Agar bisa memberikan contoh dengan baik bagi masyarakat lain, agar orang lain tidak memandang bahwa video yang ada di Tiktok itu tidak baik untuk di tiru. Bahkan media Tiktok bisa membuat orang tidak stres dalam permasalah yang ada, sehingga media Tiktok banyak yang menyukainya. Dengan itu Anak-anak sangat terhibur dengan konten-konten yang ada. Dan kini Anak-anak mudah mendapatan informasi melalui media Tiktok tersebut. Media Tiktok sangat mudah dijumpai oleh kalangan masyarakat bisa mengembangkan gaya atau penampilan masyarakat sekarang ini bisa dilihat dari gaya yang kekinian yang melihat dari sebuah media Tiktok.

Aplikasi Tiktok sudah beredar dimana mana mulai dari negara Indonesia maupun dari luar negeri. Hal ini memang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna media massa tiktok yang semakin populer. Adapnya media massa Tiktok ini sangat berpengaruh terhadap masayarakat. Banyak berbagai dampak yang terjadi akibat media massa Tiktok baik dampak yang positif maupun dampak yang negatif. Semua itu bergantung pada pengguna masing-masing sendiri. Akan lebih baik jika digunakan guna untuk kreativitas, untuk berkarya, untuk hiburan supaya tidak stres dan lain sebagainya.

Bagi para pengguna media massa Tiktok dibawah umur akan lebih baik jika didampingi oleh orang tua atau orang yang lebih tua. Dan bisa memberikan arahan yang baik untuk Anak-anak nya. Karena jika tidak maka akan berdampak buruk untuk anaknya, seperti lebih mengutamakan bermain Tiktok daripada belajar, hal ini sangat mempengaruhi terhadap prestasi anak tersebut. Maka diharuskan orang tua untuk bisa mendampingi Anak-anaknya dalam bermain media sosial. Hal itu, bukan hanya media massa Tiktok saja tetapi juga media massa lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image