Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vianida Hardiningsih

Ide Side Job untuk Menambah Pemasukan di 2023, Zero Modal!

Bisnis | Sunday, 20 Aug 2023, 21:33 WIB

Halo job seeker! Tantangan dunia kerja saat ini pasti semakin luar biasa ya, apalagi semakin banyak permintaan dari tenaga kerja tidak diimbangi dengan penawaran lapangan kerja. Ets tetap tenang, karna banyak hal yang bisa kita lakukan dan manfaatkan kok untuk mengisi waktu sembari menunggu panggilan kerja! Yap, side job! Pun bagi kalian yang sudah berpenghasilan tetap, aktivitas side job masih menarik untuk dilirik sebagai tambahan uang jajan, kan? Tanpa modal, tapi bisa jadi tambahan cuan. Jadi yuk simak ide-ide apa yang bisa kalian lakukan sebagai side job di tahun 2023 ini.

1. Freelance Penulis Artikel

Saat ini banyak media-media baik online atau offline yang menyediakan lowongan bagi penulis lepas untuk mengirimkan artikel dan akan dibayar saat artikel tersebut rilis. Jadi buat kalian yang ingin mengisi waktu dengan membuat tulisan, coba deh! Dengan tulisan kita bisa dikenal, dengan tulisan kita bisa menebar kebermanfaatan, dan dengan tulisan kita bisa dapet cuan. Mantep deh!

2. Guru Privat / Bimbingan Belajar

Siapa yang dulu jaman sekolah suka les? Pernah kepikiran gak kalau kita yang jadi gurunya? Yuk coba tanya dulu pada diri sendiri minat dan bakat terpendam kita di bidang apa, siapa tau dengan kelebihan itu bisa jadi sumber manfaat bagi adik-adik yang membutuhkan kan. Terlebih saat ini banyak yang membutuhkan tenaga pengajar untuk mata pelajaran, mata kuliah, hingga subjek olimpiade atau perlombaan tertentu.

3. Jastip Barang-Barang

Ada yang suka jalan-jalan? Side job ini bakal cocok banget buat kalian yang sering pergi ke daerah wisata nih! Sambil liburan nggak ada salahnya sambil cari cuan dengan membuka jasa titipan atau jastip untuk barang-barang khas tempat wisata yang kita datangi kan!

4. Jasa War Tiket Konser

Pandemi sudah berlalu, saatnya keramaian muncul dimana-mana. Konser pun telah dibuka dan mendatangkan banyak bintang baik dalam maupun luar negeri. Buat kalian yang jago nge-war tiket konser, dijamin deh side job ini akan cocok untuk nambah uang jajan dan pasti akan cepet laku tiket yang kita jual kalau pasarnya sesuai.

5. Konsultan Keuangan/Psikologi/Kehamilan

Nah untuk side job ini khusus buat kalian yang sudah berpengalaman di bidangnya nih. Selain menjalani pekerjaan yang utama, tidak ada salahnya untuk membuka konsultasi one on one dengan klien atau membuka kelas online sesuai bidang yang ditekuni. Bisa menyebarkan ilmu dan dapet tambahan relasi juga kan, manfaat banget ya!

Nah itu dia beberapa ide side job yang bisa dilakoni di tahun 2023 ini! Coba yuk praktikkan, siapa tau bisa jadi tambahan tabungan untuk masa depan. Semoga bermanfaat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image