Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulistyawan Ds

Perlunya Kerjasama Antara Perguruan Tinggi dengan Perusahaan Media Massa

Eduaksi | Saturday, 19 Aug 2023, 13:01 WIB
Wakil Rektor UNY Bidang Riset , Kerjasama,Sistem Informasi dan Usaha Prof.Dr. Margana MHum ( kanan ) pada Selasa (15/8/2023 ) lalu melakukan penandatangan MoU dengan 40 perusahaan media massa yang berkantor di Yogyakarta .


Kolaborasi atau Kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan media memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pendidikan, informasi, dan masyarakat luas.

Kemitraan ini memiliki potensi untuk meningkatkan komunikasi, menyebarluaskan pengetahuan dan mengembangkan masyarakat yang lebih terdidik dan terinformasi. Melalui kerjasama ini, perguruan tinggi dan media dapat saling melengkapi dan menciptakan sinergi yang menguntungkan semua pihak.

Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan media dapat berfungsi sebagai sarana diseminasi pengetahuan yang lebih luas dan lebih mudah diakses oleh masyarakat. Perguruan Tinggi memiliki sumber daya akademik yang luas, termasuk para ahli dan peneliti yang menciptakan pengetahuan baru.

Sementara itu, media massa sebagai sarana komunikasi massa dapat membantu menyampaikan pengetahuan ini kepada khalayak yang lebih luas dan beragam. Hasilnya, konsep yang kompleks dapat dijelaskan dengan lebih sederhana dan lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

Kolaborasi antara keduanya juga mendorong pemberitaan yang lebih akurat dan faktual. Perguruan tinggi membantu menyediakan data dan penelitian yang mendalam, sedangkan media memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi tersebut secara akurat dan objektif kepada publik. Berkat kemitraan ini, berita yang disajikan menjadi sehat dan dapat membantu mencegah penyebaran informasi yang salah atau hoaks.

Dengan terjalinnya kemitraan ini, perguruan tinggi dapat berperan dalam memberdayakan mereka yang memiliki pengetahuan yang relevan. Perguruan Tinggi dapat menyelenggarakan seminar, lokakarya, atau webinar dengan partisipasi media.

Kemudian, Media massa menyebarluaskan informasi tentang kegiatan ini kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat mengakses informasi yang berguna untuk pengembangan pribadi, profesional dan sosial mereka.

Selain itu, kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan media dapat merangsang diskusi dan pemikiran kritis di kalangan masyarakat. Berbagai topik yang diangkat dari hasil penelitian atau seminar pendidikan tinggi dapat menimbulkan pertanyaan dan pemikiran kritis dari para audiens.

Pembahasan yang berkembang dari laporan ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam dan perspektif yang beragam terhadap isu-isu tertentu.

Pada sisi lain, kerjasama dengan media massa juga memberikan peluang bagi Perguruan Tinggi untuk lebih dikenal masyarakat luas. Berita tentang prestasi akademik, penelitian dan kegiatan yang mungkin diminati oleh calon mahasiswa, calon peneliti atau calon mitra.

Hal ini dapat meningkatkan reputasi Perguruan Tinggi dan mendorong kerjasama lebih lanjut dengan berbagai pihak. Di era informasi sekarang ini, kolaborasi antara perguruan tinggi dan media massa memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.\

Dengan menggabungkan keahlian akademis dan keterampilan komunikasi di media massa, kemitraan ini dapat membentuk masyarakat yang informatif, mendidik, dan lebih penting lagi masyarakat dalam menghadapi perubahan dan tantangan global. (*/)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image