Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Alviana

REAKSI PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI KELUHAN KONSUMEN

Bisnis | Thursday, 30 Dec 2021, 00:48 WIB

Dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan pelayanan akan selalu mengalami yang namanya keluhan pelanggan, kondisi yang tidak mungkin dihindari. Ketidakpuasan tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk pernyataan yang disebut komplain atau klaim komplain merupakan sanggahan atau sikap menantang/menyanggah yang dinyatakan sebagai reaksi atau ketidakpuasan terhadap layanan.

Keluhan pelanggan (customer complaint) adalah umpan balik (feedback) dari pelanggan yang ditujukan kepada perusahaan yang cenderung bersifat negatif. Umpan balik ini dapat dilakukan secara tertulis atau secara lisan. Para manajer harus mempunyai mekanisme untuk menangani keluhan konsumen. Misalnya dengan menyediakan nomor bebas pulsa merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam menangani keluhan. Selain itu, perusahaan harus menetapkan semacam ganti rugi untuk keluhan konsumen. Beberapa manfaat dari keluhan pelanggan adalah:

1. Dapat mengetahui kekurangan dari layanan yang diterima pelanggan dan bagaimana caranya meningkatkan kualitas produk Anda.

2. Dapat mengetahui pengetahuan seputar kompetitor dari pelanggan Anda.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

4. Meningkatkan reputasi Anda di ranah online

5. Dapat mengetahui kebiasaan dan perilaku pelanggan yang menggunakan produk/jasa Anda

Jadi sebagai perusahaan harus selalu ingat saat ada pelanggan yang komplain, jangan pernah berfikir negatif. Pelanggan yang komplain adalah pelanggan yang masih ingin berhubungan dengan perusahaan kita, masih ingin dilayani dengan baik oleh perusahaan kita.

Dengan adanya pelanggan yang komplain maka perusahaan sudah diberitahu bahwa ada kesalahan dengan produk pada perusahaan, ada kesalahan dengan barang, ada kesalahan dengan service perusahaan. Tugas dari perusahaan itu sendiri harus dapat menyusun sistem untuk menangani keluhan pelanggan/keluhan konsumen tersebut, supaya nanti kedepannya agar bisa lebih baik lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image