REAKSI PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI KELUHAN KONSUMEN

Image
Nurul Alviana
Bisnis | Thursday, 30 Dec 2021, 00:48 WIB

Dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan pelayanan akan selalu mengalami yang namanya keluhan pelanggan, kondisi yang tidak mungkin dihindari. Ketidakpuasan tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk pernyataan yang disebut komplain atau klaim komplain merupakan sanggahan atau sikap menantang/menyanggah yang dinyatakan sebagai reaksi atau ketidakpuasan terhadap layanan.

Keluhan pelanggan (customer complaint) adalah umpan balik (feedback) dari pelanggan yang ditujukan kepada perusahaan yang cenderung bersifat negatif. Umpan balik ini dapat dilakukan secara tertulis atau secara lisan. Para manajer harus mempunyai mekanisme untuk menangani keluhan konsumen. Misalnya dengan menyediakan nomor bebas pulsa merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam menangani keluhan. Selain itu, perusahaan harus menetapkan semacam ganti rugi untuk keluhan konsumen. Beberapa manfaat dari keluhan pelanggan adalah:

1. Dapat mengetahui kekurangan dari layanan yang diterima pelanggan dan bagaimana caranya meningkatkan kualitas produk Anda.

2. Dapat mengetahui pengetahuan seputar kompetitor dari pelanggan Anda.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

4. Meningkatkan reputasi Anda di ranah online

5. Dapat mengetahui kebiasaan dan perilaku pelanggan yang menggunakan produk/jasa Anda

Jadi sebagai perusahaan harus selalu ingat saat ada pelanggan yang komplain, jangan pernah berfikir negatif. Pelanggan yang komplain adalah pelanggan yang masih ingin berhubungan dengan perusahaan kita, masih ingin dilayani dengan baik oleh perusahaan kita.

Dengan adanya pelanggan yang komplain maka perusahaan sudah diberitahu bahwa ada kesalahan dengan produk pada perusahaan, ada kesalahan dengan barang, ada kesalahan dengan service perusahaan. Tugas dari perusahaan itu sendiri harus dapat menyusun sistem untuk menangani keluhan pelanggan/keluhan konsumen tersebut, supaya nanti kedepannya agar bisa lebih baik lagi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mewujudkan Pemuda Islam yang Kuat dan Tangguh

Image

Mahsa Amini, Perempuan dan Islam

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image