Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jazila Indah Suroya

Wajib Dipahami, Perbedaan Al Qur'an dan Hadits

Agama | Tuesday, 15 Aug 2023, 19:57 WIB
Ilustrasi Kartun Muslimah

Perbedaan Alquran dan hadis bisa dilihat dari pengertiannya.Baik Alquran maupun hadis, telah menjadi bagian penting dari kehidupan seorang muslim. Karena memang, Alquran dan hadis sudah menjadi pedoman bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

Alquran dan hadis sering dikaitkan. Tak bisa dipungkiri, sepertinya kedua pedoman umat Islam ini memang tidak dapat dipisahkan meskipun tidak sepenuhnya dapat dipertukarkan. Yang satu diyakini sebagai “sastra terbaik” dalam bahasa Arab, sedangkan yang lain berfungsi sebagai alat yang relevan untuk memahami firman Allah.

Meski keduanya penting dan tak bisa dipisahkan, sebagai umat Islam juga penting untuk mengetahui perbedaan Alquran dan hadis. Ya, ada beberapa perbedaan Alquran dan hadis meskipun keduanya dianggap sebagai sumber spiritual.

Meskipun mereka mungkin memiliki niat atau tujuan yang sama, masih ada beberapa perbedaan Alquran dan hadis yang wajib dipahami oleh setiap umat muslim. Dalam artikel berikut ini, kami akan sampaikan apa saja perbedaan Alquran dan hadis yang kami kutip dari beberapa sumber.

Alquran

Untuk memahami apa perbedaan Alquran dan hadis, Anda harus mengenal terlebih dulu masing-masing pedoman ini.

Dikutip dari guidetoislam.com, Alquran merupakan tulisan-tulisan suci keimanan Islam yang diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan dikumpulkan dalam bentuk kitab.

Kata Alquran secara harfiah berarti bacaan, dan kitab ini adalah kompilasi dari apa yang diwahyukan oleh Allah kepada Muhammad. Alquran adalah cahaya terkemuka umat Islam di seluruh dunia dan telah ada selama lebih dari seribu tahun untuk membantu penganut Islam menjalani kehidupan yang baik dan suci sesuai dengan perintah Allah.

Kepatuhan terhadap perintah-perintah ini dalam kehidupan seseorang akan menuntun mereka pada keselamatan. Dengan mengikuti prinsip-prinsip dari Alquran, maka dapat memastikan kehidupan yang kaya dan bermanfaat di dunia.

Hadis

Lalu, bagaimana dengan hadis? Hadis adalah kumpulan ucapan dan ajaran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Ini adalah sumber hukum dari agama Islam yang paling penting.

Hadis ini ditulis oleh ulama yang lahir setelah Nabi, sehingga Anda mungkin akan menemukan ada perbedaan dalam ingatan, intelek dan interpretasi mereka tentang apa yang dikatakan atau disetujui oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Hadis dianggap berasal dari Muhammad Saheb dan memainkan peran penting dalam interpretasi hukum Islam. Hadis disusun pada abad ke-8 dan ke-9, tetapi dua aliran dalam Islam, Syiah dan Sunni, memiliki interpretasi yang berbeda terhadap hadis yang sama.

Hadis menggambarkan tindakan, kebiasaan, pernyataan dan persetujuan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam terhadap tindakan atau perilaku orang lain di depannya.

Perbedaan Alquran dan Hadis

Berdasarkan pengertian

Perbedaan Alquran dan hadis yang pertama bisa kita lihat dari pengertiannya. Mengutip dari dalamislam.com, pengertian umum dari Alquran adalah firman Allah yang diwahyukan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melalui Jibril alaihis salam dan dijadikan sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia.

Sedangkan hadis diartikan sebagai segala ucapan, perbuatan, ketetapan, dan cita-cita dari Rasulullah shallallahu aalaihi wasallam.

Editor : Habibah Jazila Indah.S

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image