Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Wujudkan Lansia Sehat, Bebas dari Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Bebas dari Kekakuan Sendi

Gaya Hidup | Monday, 14 Aug 2023, 13:28 WIB

Klaten (24/07/2023), berlangsung kegiatan program keilmuan pemeriksaan gula darah, tekanan darah, dan pengukuran berat badan serta senam persendian kepada lansia yang ada di Desa Beji, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro atas nama Zahra Fasha Hermetika.

Jumlah lansia di Indonesia tahun 2023 mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup orang-orang di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, pemerintah memberikan fasilitas berupa posyandu lansia di mana diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesehatan dan kualitas hidup para lansia.

Posyandu lansia memiliki beberapa kegiatan seperti berupa screening, penyuluhan kesehatan, dan senam lansia. Di Desa Beji sendiri kegiatan posyandu lansia yang dilaksanakan sebelumnya belum mencakup pemeriksaan gula darah dan senam untuk lansia, sehingga muncul gagasan bahwa dapat dilakukan pemeriksaan tambahan tersebut sebagai tindakan preventif terhadap penyakkit tidak menular.

Kegiatan pemeriksaan dan senam lansia dilaksanakan di Balai Desa Beji, Kecamatan Pedan pada tanggal 24 Juli 2023. Proses pemeriksaan gula aah dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, pemeriksaan tekanan darah dan pengukuran berat badan dilakukan oleh kader posyandu lansia Desa Beji, sedangkan aktivitas fisik senam lansia dilakukan juga oleh mahasiswa KKN UNDIP selama 15 menit, gerakan senam yang dilakukan berfokuskan pada persendian untuk mencegah kekakuan sendi pada lansia.

Program monodisiplin yang dilakukan diharapkan dapat memberikan upaya preventif tambahan kepada para lansia agar terhindar dari penyakit tidak menular seperti diabetes mellitus dan hipertensi. Pelatihan senam yang diberikan diharapkan dapat menjadi salah satu rutinitas atau kegiatan hiburan bagi para lansia saat berada di rumah.

Penulis :

Zahra Fasha Hermetika (Kedokteran, FK Undip)

Dosen KKN:

1. Pror. Dr. rer. nat. Ir. Thomas Triadi Putranto., S.T., M.Eng., IPU

2. Dinalestari Purbawati, S.E., M.Si.,Akt

3. Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Si

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image