Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruqyah Kuningan

Doa Orang Sakit Biar Cepet Sembuh

Agama | Wednesday, 29 Dec 2021, 22:32 WIB

Ruqyah di Cirebon-Menjenguk orang sakit merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan, karena dapat menjadi penghibur bagi orang yang sakit tersebut, dan memberi motivasi baginya untuk sembuh. Karena Islam sangat mengajurkan agar setiap orang buat berempati kepada sesamanya, seperti menjenguk ketika seseorang terkena bencana seperti sakit ataupun musibah kematian. Bahkan Rasullah menyebutnya sebagai salah satu hak muslim terhadap muslim lainnya. dalam riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah beliau bersabda:

وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ

Apabila ia sakit maka jenguklah (HR Muslim)

Jika kita menjenguk orang yang sedang sakit, sudah semestinya kita mendoakan yang terbaik untuk kesehatan dan diriya. Namun bagaimanakah jika kita yang meminta doa kepada orang sakit? Dijelaskan Imam Nawawi dalam kitabnya al-Azkar seraya mengutip hadis dari Umar Ibn Khatab:

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا دخلت على مريض فمره فليدع لك، فإن دعاءه كدعاء الملائكة

“Umar bin Khatab berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Bila kamu mengunjungi orang sakit, mintalah ia untuk mendoakanmu, karena sesungguhnya doa mereka sama dengan doa malaikat.” (HR. Ibn Majah).

Kutipan hadis di atas mengingatkan bahwa ketika kita mendoakan orang lain, kita seyogianya tidak melupakan doa untuk dirinya sendiri. Meminta doa kepada orang sakit merupakan satu hal yang sering dilupakan oleh kita, padahal doa orang sakit itu laksana doa malaikat. Mengapa demikian? Karena kebanyakan dari orang yang sakit hanya sibuk dengan mengingat Allah dengan caranya, tidak beraktifitas padat layaknya orang sehat biasanya.

Orang yang sedang sakit kebanyakan lebih ingat kepada Allah dan mulutnya tak henti mengucapkan dzikir tentunya. Pada momen inilah kita dianjurkan untuk meminta doa kepadanya. Mungkin terkesan aneh bagi yang pertama melakukannya, karena kebiasan di masyarakat kita adalah kita sebagai penjenguk yang akan memberikan doa terbaik untuk orang yang sedang sakit. Namun tak ada salahnya jika kita mau memulai kebiasan tersebut dari sekarang, karena terlalu indah jika dilewatkan begitu saja. Bayangkan saja kita sedang minta didoakan oleh malaikat.

Dengan demikian, jika ada yang bertanya bolehkah kita meminta doa atau didoakan orang yang sedang sakit? Jawabannya adalah boleh, justru ini merupakan anjuran Nabi yang banyak dilalaikan oleh sebagian orang. Bahkan dalam keterangan hadis Nabi disebutkan bahwa doa orang sakit sama doa malaikat.

Referensi : Ruqyah Kuningan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image