Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Universitas Aisyiyah Surakarta

Rangkul Gaya Hidup Minimalis dengan KonMari

Gaya Hidup | Tuesday, 08 Aug 2023, 11:32 WIB
KonMari Checklist. Source: makinglemonadeblog.com

AISKA, Surakarta – Memiliki rumah dan kamar pribadi yang selalu rapi menjadi dambaan setiap orang, tak terkecuali para AISKA Muda nih! Kalian pastinya pernah merasakan kamar atau rumah kalian berantakan, terlalu banyak barang, tapi bingung mau bagaimana mengaturnya. Mau itu kamar di rumah kalian, kamar kos, atau kamar asrama. Nah, kalian bisa coba metode KonMari, nih! KonMari adalah metode decluttering rumah yang dikembangkan oleh Marie Kondo, seorang konsultan yang terkenal karena bukunya "The Life-Changing Magic of Tidying Up", yang berhasil menjadi sebuah fenomena budaya. Marie Kondo juga memiliki sebuah acara populer berjudul “Tidying Up with Marie Kondo” yang disiarkan di salah satu situs streaming berbayar.

Pada dasarnya, metode ini sangat sederhana. Kalian hanya perlu melakukan melakukan pemilahan barang berdasarkan kategorinya. Hal ini yang menginspirasi orang-orang untuk membuang atau mendonasikan barang-barang mereka yang sudah tidak memberikan spark joy lagi bagi mereka. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, KonMari tidak semudah kelihatannya. Seseorang bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan pemilahan barang tesebut. Beberapa poin penting yang kita lakukan sebelum memulai melakukan metode ini dengan benar adalah mempersiapkan diri dan mental kita untuk membuang barang. Bersihkan semua ruangan dan tempat-tempat penyimpanan sekaligus; kumpulkan seluruh barang-barang kalian menjadi satu berdasarkan dengan kategorinya; pisahkan barang-barang tersebut antara yang masih ingin kalian gunakan dan yang sudah tidak berguna bagi kalian; belajarlah untuk melipat pakaian sesuai dengan metode KonMari; lakukan metode ini secara sistematis, sesuai dengan aturan; terakhir, jangan menghindari solusi ekstrim, misalnya membuang tumpukan dokumen dan surat-surat yang sudah tidak terpakai lagi.

Selain poin-poin di atas, KonMari juga memberikan aturan yang harus dilakukan agar kalian dapat konsisten dengan mindset yang baru. Aturan-aturan tersebut adalah:

· Kalian harus memiliki komitmen untuk bersih-bersih dan membuang barang sebelum memulai.

· Bayangkan gaya hidup yang ideal menurut kalian, bagaimana kalian ingin berubah setelah melakukan KonMari.

· Mulai dengan membuang barang-barang terlebih dahulu sebelum kalian mulai merapikannya. Ucapkan terima kasih pada barang-barang tersebut sebelum membuangnya.

· Rapikan barang-barang kalian sesuai dengan kategorinya, bukan ruangannya.

· Ikuti langkah yang sudah diajarkan. KonMari mengajarkan untuk menangani barang-barang kalian dengan urutan pakaian, buku, dokumen, ornamen/barang-barang kecil, dan barang-barang yang memiliki kenangan/sentimen.

Kesimpulannya, metode KonMari ini mengajak kita untuk hidup minimalis tanpa terlalu banyak barang dan bagaimana kita belajar untuk membuang barang-barang yang sudah tidak memiliki manfaat lagi bagi kita, meskipun mungkin barang tersebut bukanlah barang yang murah. Yuk, praktikkan gaya hidup minimalis mulai dari sekarang!

(/az)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image