Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rosiana Haryanti W. K

Serba-serbi Mandi Bayi, Bermanfaat Meningkatkan Kecerdasan Kognitif dan Emosional

Parenting | Friday, 04 Aug 2023, 10:56 WIB

Mandi bukan sekadar kegiatan membersihkan tubuh bagi bayi. Lebih dari itu, aktivitas ini ternyata menyimpan seudang manfaat. Selain membersihkan dan menyegarkan tubuh Si Kecil, Bidan Lita Alen dari LA Mom and Baby Care Jakarta menuturkan, rutinitas memandikan bayi memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dan emosionalnya.

Lita mengatakan, ketika mandi, orang tua memberikan stimulus berupa suara dan gerakan. Dengan demikian bayi dapat belajar dari lingkungan sekitarnya. Rutinitas ini dapat merangsang indra peraba dan indra penciumannya.

Misalnya tentang suhu. Ketika mandi, bayi belajar tentang suhu air, apakah dingin, panas, atau hangat. Kemudian, saat mandi, bayi juga bisa mencium wangi sabun yang mampu merangsang otak untuk mengeluarkan hormon yang membuat rileks.

“Air itu meruakan media terbaik untuk melepaskan ketegangan. Jadi aliran darahnya lancar. Kita kalau mandi juga kan rileks. Bayi juga gitu. Karena air memang media terbaik untuk melepaskan ketegangan itu. Kalau dia rileks, otomatis tidurnya nyenyak, otomatis dia akan banyak nyusu. Kalau misalnya meosionalnya dijaga, otomatis dia enggak rewel, jadi dia stabil,” tutur Lita melalui Live Instagram bersama Doodle Excusive Baby Care.

Memandikan bayi ternyata juga bermanfaat bagi orang tuanya. Lita menuturkan, rutinitas ini dapat meningkatkan ikatan (bonding) bayi dengan orang tuanya.

“Otomatis dengan kita ada waktu berdua dengan si bayi, kita ajak ngobrol kemudian kita gendong dia, kita sentuh dia, itu bonding kita lebih kuat dengan bayinya, bayi kita juga merasa’oh ini mama saya, ini papa saya’,” kata Lita.

Kapan Bayi Boleh Mandi Setelah Dilahirkan?

Memandikan bayi tanpa merusak kulitnya bisa jadi merupakan tugas yang berat bagi orang tua. Bagaimana tidak? Kulit bayi yang masih sensitif rentan terluka dan terkena berbagai macam ancaman seperti jamur, bakteri, polutan, dan sebagainya.

Namun, memandikan bayi tidak bisa langsung dilakukan setelah ia lahir. Menurut Lita, bayi baru bisa dimandikan setelah enam jam dilahirkan.

“Kenapa? Karena dia baru lahir. Di dalam kandungan itu hangat, jadi seperti kayak hanga tubuh kita. Kalau misal dia baru lahir terus dimandikan, dia bisa hipotermi atau suhu badannya jadi dingin. Jadi minimal dia sudah stabil, sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar enam jam, baru boleh dimandikan,” tuturnya.

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Terkadang banyak orang tua yang masih ragu dan takut memandikan bayi baru lahir. Hal ini lumrah terjadi karena bayi memerlukan perlakuan khusus. Apabila Ayah-Bunda masih takut memandikan buah hatinya, Lita memberikan tips mudah untuk mulai membersihkan tubuh bayi.

Pertama, Ayah-Bunda bisa membaringkan bayi di atas perlak. Kemudian basuh tubuhnya dengan air hangat menggunakan washlap. Cara ini memudahkan Ayah-Bunda yang mash takut memandikan bayi di dalam bak atau ember. Apabila ingin menyabuninya, gunakan sabun yang tidak mengandung busa serta tidak mengandung SLS dan paraben karena dapat merusakn jaringan kulit Si Kecil.

“Banyak juga yang menerapkan mandinya pakai air saja untuk newbron. Tapi di negara kita karena Indonesia negara tropis, di mana pertumbuhan bakteri, jamur itu cepat, jadi kita enggak bisa hanya menggunakan air. Karena rata-rata banyak juga pasien-pasien yang saya alami sendiri itu kulitnya pada iritasi, ada yang merah-merah walaupun masih umur enam hari. Jadi penting sekali kita memberikan sabun supaya terjaga kesehatan kulitnya. Jadi kita pilih sabun yang benar-benar untuk bayi newborn,” ucap Lita.

Salah satu sabun mandi bayi yang bisa Ayah-Bunda gunakan adalah Doodle Baby Gentle Wash. Sabun mandi dari Doodle Exclusive Baby Care ini mampu menjadikan pengalaman mandi lebih mudah dan berkesan. Ini karena, Doodle Baby Gentle Wash didesain khusus agar Mums bisa memandikan bayi di manapun dan kapan pun dan dapat dibasuh menggunakan air atau bisa juga hanya menggunakan tisu basah.

Memandikan bayi bukan hanya perkara membersihkan tubuhnya dari kotoran dan keringat. Lebih dari itu, memandikan bayi ternyata memiliki manfaat yang lebih besar, seperti meningkatkan kecerdasan emosional dan kognitif Si Kecil, meningkatkan bonding, hingga meningkatkan quality time antara orang tua dan buah hatinya.

Oleh karena itu, tak salah jika orang tua perlu berhati-hati serta menjadikan mandi sebagai rutinitas yang menyenangkan. Tentunya, ketika memandikan bayi, orang tua perlu memberikan perhatian khusus, terutama tentang keamanan dan kenyamanan Si Kecil. Jangan lupa pula gunakan Doodle Baby Gentle Wash agar pengalaman mandi Si Kecil semakin bermakna.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image