Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Fadhly

10 Muharram, Pemdes Sei Sentosa Menyantuni Anak Yatim-piatu

Kabar | Monday, 31 Jul 2023, 14:24 WIB

Kelompok masyarakat yang mayoritas muslim kerap mengambil momen keberkahan dibulan Muharram. Pasalnya, dibulan itu khususnya pada tanggal 10 bulan tersebut hari yang penting bagi ummat muslim.
Diketahui pada tanggal 10 bulan Muharram terjadi peristiwa yang bersejarah dalam sejarah Islam, yaitu tragedi Karbala. Tragedi ini terjadi pada tahun 61 Hijriah di Karbala, Irak.
Saat itu, cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Husain bin Ali dan pengikutnya yang jumlahnya sedikit melawan pasukan yang jumlahnya lebih besar dipimpin oleh Yazid bin Muawiyah.
Usai peperangan, tidak sedikit para syuhada yang meninggalkan anak-anak yang masih memeglukan perhatian dan perlindungan dari seorang sosok ayah.
Peristiwa Karbala itu menunjukkan kepedulian yang besar terhadap anak-anak yatim-piatu. Imam Husain dan para pengikutnya memberikan perhatian khusus kepada anak-anak tersebut. (Dikutip dari berbagai sumber bacaan)
Warga desa Sei. Sentosa yang dipimpin Ridwan Nasution salah satu contoh kelompok masyarakat yang mengambil momen dibulan Muharram tersebut.
Selain bekerjasama dengan lembaga-lembaga desa pemerintah desa yang dipimpinnya juga melibatkan kelompok perwiritan melaksanakan penyantunan anak yatim piatu yang ada di desa itu.
Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan di pelataran mesjid Nurul Iman desa Sei. Sentosa Sabtu, 29 Juli 2023 lalu.
Kegiatan sosial seperti menyantuni anak yatim-piatu ini selain memiliki manfaat bagi anak-anak yatim piatu itu sendiri. Setidaknya dengan santunan yang diberikan anak-anak tersebut merasa diperhatikan.
Kegiatan menyantuni anak yatim-piatu juga miliki poin penting bagi berkehidupan bermasyarakat. Warga desa dapat memperluas kesadaran sosial dan membangun rasa peduli terhadap orang kurang mampu dan beruntung.
Dengan demikian, Masyarakat desa akan lebih peka terhadap rasa ketidak Adilan dan kesulitan yang dihadapi anak-anak yatim piatu. Sehingga mendorong warga desa untuk bertindak kolektif dan mencari solusi yang lebih baik untuk mengatasi masalah sosial dilingkungan mereka.
Bahkan, menyantuni anak yatim-piatu yang melibatkan seluruh elemen masyarakat desa akan menumbuhkan rasa solidaritas dan mengikat rasa persaudaraan sesama warga desa.
Semoga kegiatan menyantuni anak yatim-piatu didesa Sei. Sentosa kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan setiap tahun akan menambah berkah dan rasa kebersamaan membangun desa kearah lebih baik. ###

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image