Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sheilamida nanda muhaeni

Pengaruh Keluhan Pelanggan Dan Loyalitas Respon Perusahaan Terhadap Keluhan Yang Dihadapi

Info Terkini | Tuesday, 28 Dec 2021, 20:46 WIB

Dalam menjalankan bisnis di dalam suatu perusahaan pasti ada berbagai respon yang diberikan pelanggan. Baik itu positif maupun negative, jika kita mendapat respon positif dari pelanggan tentu hati kita merasa senang dan jika respon yang diberikan negative perlu halnya kita sebagai produsen melakukan evaluasi pada produk. Dalam berbisnis pasti ada saja resiko yang dihadapi. Rasanya perusahaan perlu mempersiapkan diri untuk menerima keluhan pelanggan. Sebab dengan mendapatkan keluhan dari pelanggan artinya kita mendapat perhatian dari mereka. keluhan dari pelanggan ini sendiri menjadi indikator yang baik bagi bisnis untuk melakukan perbaikan dan evaluasi.

Sebagai pemilik perusahaan kita perlu mendengarkan keluhan pelanggan. Karena berdasarkan hasil riset pasar yang diperoleh, pelanggan yang melakukan keluhan dan berhasil ditangani dengan baik, kemungkinan untuk tetap menggunakan produk maupun jasa dan memesannya lagi sebesar 70%. Kemungkinan itu akan meningkat menjadi 95% jika kita tanggap menangani keluhan mereka secara tepat waktu dan memberikan hasil yang positif. Lebih dari itu, bisa saja dengan rasa percaya dan aman memungkinkan untuk bertransformasi menjadi pelanggan tetap.

Harus memperhatikan alur komunikasi keluhan pelanggan. Jangan sampai membuat pelanggan menunggu terlalu lama sehingga mereka kecewa dan tidak percaya lagi karena mereka mengeluh pada departemen yang salah. Perlunya berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan karena melalui komunikasi yang baik juga, masalah yang dikeluhkan akan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat. menghargai pendapat pelanggan agar tidak menimbulkan kesan kepada pelanggan bahwa keluhan mereka dianggap sepele. Jika ini terjadi, jelas pelanggan akan semakin bertambah kecewa dan tidak akan pernah puas karena mereka merasa remehkan dan tidak dipedulikan atas keluhan yang disampaikannya.

Jika keluhan perusahaan didapatkan dari media sosial yang digunakan sebagai sarana promosi dan pemasaran, perlunya sigap dalam memberikan klarifikasi kepada pelanggan. Cepatnya perputaran informasi di media sosial, memberikan perhatian penuh terhadap keluhan-keluhan yang muncul di media sosial. Sebab opini negatif tentang perusahaan yang menyebar di sana sini dapat menggerus potensi ratusan bahkan ribuan calon pelanggan. Oleh sebab itu diharuskan kita sebagai departemen bertanggung jawab pada media sosial yang nantinya mampu menangani keluhan yang didapat dari pelanggan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image