Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Begini Cara Ambil Screenshots in Incognito Mode pada Android

Teknologi | Sunday, 23 Jul 2023, 13:09 WIB
Cara Mengambil ‘Screenshots in Incognito Mode’ di Android (MUO/SSDarindo)

Mode Penyamaran atau Screenshots in Incognito Mode di Google Chrome dan browser lain di Android memungkinkan Anda menjelajah secara pribadi. Namun, ini dapat membatasi beberapa fitur berguna lainnya pada perangkat Anda karena alasan privasi—terutama fitur tangkapan layar.

Jika Anda perlu mengambil tangkapan layar dalam mode Penyamaran di Android, berikut beberapa cara untuk melewati batasan ini untuk Chrome, Firefox, Edge, dan Opera - sebagaimana dikutip dari laman MUO.

Cara Mengambil Screenshot dalam Mode Penyamaran Chrome

Anda dapat mengaktifkan bendera percobaan Incognito Screenshot di Chrome untuk mengambil screenshot pada Mode Incognito di browser Chrome. Inilah cara melakukannya.

a. Luncurkan browser Chrome di perangkat Android Anda.

b. Ketuk bilah alamat, ketik chrome://flags, lalu tekan cari.

c. Dari layar yang terbuka, cari tangkapan layar penyamaran untuk menemukan fitur eksperimental.

d. Ketuk drop-down default untuk Incognito Screenshot dan setel ke Enabled.

e. 3 Gambar

f. Menutup

g. Ketuk tombol Luncurkan Ulang untuk memulai ulang browser dan menerapkan perubahan.

Anda sekarang dapat membuka tab Penyamaran baru dan mengambil tangkapan layar. Ini juga akan membuat thumbnail Incognito terlihat. Setelah selesai, Anda dapat membuat anotasi dan mengedit tangkapan layar di Android untuk lebih menonjolkan foto Anda.

Cara Mengambil Screenshot di Microsoft Edge InPrivate Mode

Tidak seperti Chrome, Edge memiliki alat tangkapan layar bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar dalam Mode InPrivate. Satu-satunya batasan adalah, itu tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan tombol fisik ponsel Anda atau fitur tangkapan layar Android asli.

a. Luncurkan browser Edge di ponsel Android Anda.

b. Buka tab InPrivate baru dan kunjungi halaman web yang ingin Anda jepret.

c. Ketuk dan tahan layar/halaman web dengan teks untuk membuka menu konteks,

d. Selanjutnya, tap opsi Share di pojok kiri untuk membuka Share Hub.

e. Di Share Hub, ketuk Screenshot.

f. Alternatifnya, pilih Scrolling Screenshot untuk mengambil screenshot satu halaman penuh.

g. Terakhir, ketuk Simpan untuk menyimpan tangkapan layar ke galeri Anda. Anda mungkin perlu mengizinkan Microsoft Edge untuk mengakses galeri Anda untuk menyimpan gambar.

h. 2 Gambar

i. Menutup

Cara Mengambil Screenshot pada Firefox Private Mode

Firefox memiliki fitur bawaan untuk mengizinkan tangkapan layar dalam Mode Pribadi yang dapat Anda aktifkan di Pengaturan. Setelah diaktifkan, Anda dapat menggunakan alat tangkapan layar bawaan ponsel untuk mengambil tangkapan layar.

Untuk mengaktifkan tangkapan layar dalam Mode Pribadi di Firefox:

a. Luncurkan browser Firefox di ponsel Android Anda.

b. Ketuk ikon Menu (tiga titik) di pojok kanan bawah, lalu pilih Pengaturan.

c. Selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian Privasi dan keamanan.

d. Ketuk Penjelajahan pribadi.

e. Alihkan sakelar untuk Izinkan tangkapan layar dalam penjelajahan pribadi untuk mengaktifkannya.

f. 3 Gambar

g. Menutup

h. Setelah diaktifkan, buka tab Pribadi baru, dan Anda akan dapat menangkap tangkapan layar.

i. Perhatikan bahwa jika Anda mengaktifkan tangkapan layar dalam penjelajahan pribadi, tab pribadi juga akan terlihat saat beberapa aplikasi dibuka.

Cara Mengambil Screenshot di Opera Browser Private Mode

Seperti Microsoft Edge, Opera tidak mengizinkan Anda untuk menggunakan fitur tangkapan layar ponsel Anda. Namun, Anda dapat menggunakan fitur Take Snapshot bawaan untuk menangkap tangkapan layar dalam mode Pribadi. Meskipun sedikit membosankan dibandingkan dengan browser lain, ini menyelesaikan pekerjaan. Inilah cara melakukannya.

a. Luncurkan browser Opera dan buka tab Pribadi baru.

b. Untuk mengambil tangkapan layar, ketuk ikon Menu (tiga titik) di pojok kanan atas.

c. Selanjutnya, ketuk Ambil snapshot untuk langsung mengambil tangkapan layar. Anda selanjutnya dapat membubuhi keterangan tangkapan layar di menu edit.

d. Pilih ikon Simpan di pojok kanan atas untuk membuka menu Bagikan dan Simpan.

e. Ketuk tombol Simpan, pilih lokasi penyimpanan, dan ketuk Unduh untuk menyimpan tangkapan layar ke aplikasi Galeri Anda.

f. 3 Gambar

g. Menutup

Menangkap Tangkapan Layar dalam Mode Penyamaran di Peramban Android

Untuk alasan keamanan, browser Android tidak mengizinkan Anda mengambil tangkapan layar dalam Mode Penyamaran. Namun, ada kalanya Anda ingin menjepret sesuatu dengan cepat di layar dan menyimpannya untuk digunakan nanti.

Di Chrome, kemampuan untuk mengambil tangkapan layar tersedia sebagai bendera opsional. Firefox, Edge, dan Opera untuk Android, di sisi lain, menawarkan solusi opsional namun sederhana untuk mengambil tangkapan layar dalam Mode Pribadi. Jika Anda ingin menangkap tangkapan layar untuk tab normal, Anda memiliki beberapa opsi dari pabrikan perangkat, Android, dan aplikasi pihak ketiga. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image